Menjadi Referensi Mendunia

Sering Tergangu Jaringan Seluler di Pulau Taliabu. Ini Penyebabnya..!!

Indonesiaberita.com, TALIABU – Perkembangan jaringan komunikasi seluler identik sebagai sebuah tanda kemajuan di suatu wilayah dikarenakan sarana komunikasi ini dapat menunjang berbagai sektor untuk meningkatkan kualitas pekerjaan di jaman era globalisasi ini.

Namun apalah daya jika sarana komunikasi yang sebenarnya dapat memperpendek rentan kendali dalam lintas sektor juga membangun komunikasi. ini tidak berjalan sesuai semestinya.

Hal miris ini masih terjadi di Kabupaten Pulau Taliabu (Pulau Taliabu), Provinsi Maluku Utara (Malut). Senin (6/8/2018)

Persoalan ganguan jaringan masih sering terjadi walaupun berbagai usaha pengembangan sudah dilakukan baik dari pemerintah daerah dengan juga pihak Telkomsel.

Akibat dari ini berbagai komentar mulai berdatangan dari beberapa kalangan yang menilai perkembangan jaringan seluler sudah seharusnya menjadi perhatian karna kebutuhan untuk penopang dalam berbagai aktifitas walaupun di tinggkat kabupaten.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Partai Bulan Bintang Pultab, Wa Uliana, Mengaku, seringnya buntutnya jaringan seluler di Taliabu sangat memperhambat kinerja tanggung jawap sebagai Ketua DPC PBB untuk selalu berkodinasi dengan kader – kadernya yang berada di desa – desa.

Ketua DPC PBB Pultab, Wa Auliana

“Banyak kader – kader PBB yang berada di desa – desa dan untuk berkomunikasi kami selalu mengandalkan grub medsos (Whats Ap). dalam memberikan arahan satu pintu” katanya.

Selanjutnya Ketua DPC itu menuturkan pentingnya pengembangan jaringan seluler ini dirasa sangat bermanfaat dalam persiapan menjelang di hari demokrasi.

“Begitu pentingnya pengembangan jaringan seluler ini dirasa sangat bermanfaat dalam persiapan menjelang di hari demokrasi yakni Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk penginputan data – data bacaleg.” tutur Wa Uliana

Lanjut politisi senior Pultab menegaskan penghambat bukan dibidang politik saja yang terasa namun juga dapat menjadi hambatan dalam perkembangan dunia usaha yang mengunakan seluler atau Heandphone (HP)  yang biasa disebut belanja online.

“Bukan dibidang politik saja yang terasa namun juga dapat menjadi hambatan dalam perkembangan dunia usaha yang mengunakan seluler atau Heandphone (HP)  yang biasa disebut belanja online.” lanjutnya.

Jurnalis Media Online, Andy

Hal senada juga disampaikan oleh jurnalis media online, Andy sebagai Kabiro Pultab, dalam kesempatannya mempertanyakan kondisi maupun status perkembangan jaringan seluler yang berada di Pultab.

Lanjutnya, sebagai penulis berita Online dirinya mengaku bergantung pada jaringan seluler untuk menerbitkan sebuah berita dalam hal ini untuk mengeksplore aktivitas maupun pesona Pulau Taliabu untuk menjadi konsumsi publik.

Sehingga dinilai Pemda melalui Dinas Kominfo harus segera mulai bernenah dalam pengembangan komunikasi sehingga kedepan informasi yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat yakni untuk pembaca media online atau penguna internet bisa mendapatkan informasi terkini baik di seputaran Pultab maupun Nasional.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pultab, Gafarudin saat di konfirmasi Indonesia Berita diruang kerjanya. (6/8). Mengatakan, Problem dalam kualitas Jaringan seluler yang selama ini melanda pulau Taliabu bersumber dari Repiter Induk Sula- Taliabu yang sering mengalami ganguan di saat beroperasi.

“Induk Repiter Sula – Taliabu yang berlokasi di Gunung Buya tepatnya di Kabupaten Sula sedang mengalami ganguan” bebernya.

Lanjutnya Gafarudin, mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diterima dari pihak Telkomsel Kota Ternate sebagai pusat telkomsel di Malut. bahwa kendala yang dialami Induk Repiter Sula – Taliabu dipicu dari kerusakan mesin genset sebagai penyokong tenaga mesin dalam operasionalnya Repiter.

“Info yang saya dapat dari pihak Telkomsel Ternate, Genset yang berada di Repiter Sula – Taliabu tidak lagi dapat bekerja dengan baik atau dalam istilahnya genset gagal star” Ungkapnya Kadis Kominfo Pultab.

Namun semntara, Tambah Gafarudin, status yang terbaca di monitor telkomsel Kota Ternate untuk jaringan Sula – Taliabu dalam kondisi baik dan tidak ada masalah. Sehingga untuk menangapi keluhan masalah itu nanti di buatkan tim untuk mengeceknya.

“Kedepannya nanti bakal ada tim yang turun untuk mengecek alat yang rusak, apa yang perlu diperbaiki pada Repiter Sula Taliabu.” tuturnya.

Kedepan Pemda melalui Dinas Kominfo bakal mengalihkan Repiter Sula – Taliabu ke Repiter Sulawesi – Taliabu.

Kominfo Pulau Taliabu sedang mengusulkan pembangunan Repiter untuk Sulawesi – Taliabu tujuannya agar penguatan jaringan seluler dapat lebih efektif dikarenakan jalur Repiter lebih dekat dari sebelumnya yaitu Repiter Sula Taliabu.

Sehingga Kadis itu berharap kepada masyarakat yang berada di Pultab agar bersabar dan bisa memahami kondisi yang ada sementara dalam proses menuju kemajuan.

“Semoga masyarakat bersabar dalam proses pembangunan di Pulau Taliabu, karena Pultab sendiri baru berumur jagung. Atau baru dimekarkan” Harap kadis yang gemar konsumsi pemberitaan Online.

Editor : YE

Komentar
Loading...