Indonesiaberita.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) memberangkatkan kapal motor (KM) Egon sebagai sarana transportasi gratis untuk mengirimkan bantuan kemanusian dari masyarakat.

Pengiriman bantuan BUMN, dan berbagai institusi dari Surabaya ke Lombok-Nusa Tenggara Barat (NTB) Selasa (7/8/2018) malam. Penyediaan transportasi ini sesuai arahan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Ridwan Mandaliko mengatakan keberangkatan KM Egon sebagai sarana transportasi laut secara gratis untuk mengangkut bantuan kemanusiaan ke Lombok-NTB merupakan wujud “BUMN Hadir Untuk Negeri” dan bentuk kepedulian perseroan kepada masyarakat Lombok-NTB yang terkena musibah gempa bumi.

Sebagai BUMN transportasi laut, PELNI Hadir Untuk Negeri menyediakan sarana transportasi kapal laut gratis untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Lombok-NTB. Sebelumnya KM. Binaiya dipergunakan untuk membantu evakuasi warga dan wisatawan dari Gili Trawangan ke Benoa, Bali.

“Semalam KM. Binaiya mengevakuasi warga yang mayoritas wisatawan asing dari Gili Trawangan. Kapal sandar pukul 23.05 Wita,” terang Ridwan.

KM. Egon, lanjut Ridwan berangkat Selasa, 7 Agustus 2018 malam dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Lembar, NTB.

“KM. Egon akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sore ini pada pukul 15.00 WIB dan berangkat menuju Lembar pukul 19.00 WIB.” lanjutnya.

KM. Egon merupakan kapal tipe Roro dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang.

“KM. Egon dapat digunakan untuk mengangkut mobil, alat berat dan penumpang. Bagi warga yang akan memanfaatkan transportasi laut dengan cuma-cuma untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Lombok-NTB, dapat menghubungi PELNI Cabang Surabaya,” kata Ridwan.

Selain mengangkut bantuan kemanusiaan dari BUMN PT Jasa Raharja (Persero), PTPN (Persero) dan Basarnas. Jasa Raharja mengirim tenda, sedangkan Basarnas mengirim 7 orang relawan serta 4 unit ambulance terdiri dari 2 unit berasal dari PTPN X, XI, XII dan 2 unit dari Fakuktas Kedokteran Universitas Brawijaya beserta peralatan medis lainnya serta bantuan dari PELNI Grup.

“Bantuan dari PELNI Grup berupa bahan makanan, sembako, susu, selimut, pakaian yang sangat dibutuhkan di lokasi gempa,” terangnya.

Kepala Cabang PELNI Surabaya Presda Simangasing akan mewakili Direksi PELNI menyerahkan bantuan kepada Nakhoda KM. Egon, untuk diserahkan kepada Kepala Cabang PELNI Bali bersama Kepala Terminal Poin Ampenan yang akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Bank Mandiri selaku Koordinator Posko BUMN yang telah ditunjuk oleh Kementerian BUMN.

Editor : Yakobus Eko