Menjadi Referensi Mendunia

Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-73, Ini Yang Dilakukan Kodim 1312/Talaud

Indonesiaberita.com, TALAUD – Menjelang Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 Tahun, Komando Distrik Militer 1312/Talaud menghimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih disetiap lingkungannya masing-masing.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI identik dengan nuansa merah putih yang merupakan warna bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain sudah menjadi ciri khas dalam peringatan kemerdekaan RI, bendera merah putih tentunya mempunyai nilai tersendiri dalam sejarah perjuangan pergerakan Kemerdekaan bangsa ini.

Untuk menambah penghayatan terhadap nilai-nilai perjuangan bangsa, hendaknya seluruh masyarakat mengibarkan bendera merah putih di lingkungannya masing-masing. Hal inilah yang mendasari kegiatan Kodim 1312/Talaud untuk menghimbau masyarakat agar melaksanakan pengibaran bendera merah putih dan umbul-umbul merah putih dilingkungannya masing-masing.

Seperti yang dilaksanakan oleh Koramil 1312-08/Melonguane yang menghimbau masyarakat di sekitar Kecamatan Melonguane untuk mengibarkan bendera Merah Putih. Dari pantauan Pewarta Indonesia Berita, Kegiatan tersebut dimulai dengan rute dari Kantor Kecamatan Melonguane, memutar Kota Melonguane, Desa Sawang, Desa Tarun, Desa Ambela, Desa Mala, Desa Kiama dan kembali ke Kantor Kecamatan Melonguane.

Terkait kegiatan tersebut, Komandan Distrik Militer 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, SE mengatakan bahwa Peringatan HUT Kemerdekaan RI merupakan moment besar untuk merefleksikan nasionalisme dan patriotisme semua warga negara Indonesia.

“Pengibaran Bendera Merah Putih dan Umbul-umbul di seluruh wilayah binaan Kodim 1312/Talaud adalah salah satu bentuk implementasi nasionalisme dan patriotisme warga di daerah terluar NKRI,” ujar Dandim, Rabu (8/8).

Ia menegaskan Bendera Merah Putih adalah Lambang Negara yang harus selalu kita jaga, bela dan tegakkan.

“Sebagai identitas kedaulatan bangsa dan negara, Lambang Negara harus selalu kita jaga, bela, dan tegakkan,” singkat Dandim yang juga akrab disapa Abang ini.

Selain menghimbau masyarakat untuk memasang bendera merah putih, jajaran Kodim 1312/Talaud juga menghimbau masyarakat untuk menurunkan bendera negara lain yg dipasang pada saat perhelatan piala dunia beberapa waktu lalu.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih mendalami nilai-nilai perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan dalam merebut kedaulatan bangsa ini dari tangan penjajah sehingga masyarakat dapat lebih menghargai kemerdekaan itu sendiri dan mengisinya dengan hal-hal yang positif.

Adapun yang hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Camat Melonguane Maksi Lindo, SE., Danramil 08/Melonguane Lettu Inf Albert A. Essing, Pelaksana harian (Plh) Lurah Melonguane Frangky Kanuku, serta Babinsa Koramil 1312-08/Melonguane sejumlah 8 orang.

Editor : Mastobelo

Komentar
Loading...