Menjadi Referensi Mendunia

Bengkulu Tuan Rumah Lomba Debat Tingkat Nasional 2018

Indonesiaberita.com, BENGKULU – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC) 2018.

Tahun ini Provinsi Bengkulu dipercaya sebagai tuan rumah, dengan waktu penyelenggaraan mulai tanggal 5 hingga 12 Agustus 2018.

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC) 2018 diikuti 204 siswa yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, yang terdiri dari 102 peserta NSDC dan 102 peserta LDBI.

Para siswa yang berhasil lolos ke tingkat nasional mewakili daerahnya masing-masing merupakan 3 pembicara terbaik (best speaker) hasil seleksi berjenjang di tingkat kabupaten dan provinsi. Selanjutnya dalam kompetisi ini, mereka akan berdebat memperebutkan posisi gelar juara nasional dan khusus untuk NSDC.

Pembicara terbaik yang terpilih akan mengikuti seleksi bertahap memperebutkan tiket menuju lomba debat tingkat dunia atau World School Debating Championship (WSDC) yang setiap tahunnya diikuti oleh Indonesia.

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC) 2018 dibuka pada 6 Agustus 2018 di Politeknik Kesehatan Bengkulu. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad menyambut baik kegiatan ini secara konsisten dapat terus diselenggarakan, karena bersifat kompetitif sejak dari tingkat sekolah hingga tingkat internasional.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kebanggaan dan kepercayaan diri, menghargai prestasi sekaligus memberikan wahana generasi muda untuk saling berjumpa menjalin persatuan, jaringan, dan persahabatan.

“Semoga kompetisi ini dapat memberikan dampak positif secara langsung dan berkelanjutan bagi peningkatan mutu pembelajaran sehari-hari di sekolah. Terima kasih dan penghargaan atas kesediaan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu untuk menjadi tuan rumah kegiatan ini. Kepada semua Kepala Sekolah/lembaga, tim juri, panitia pusat dan daerah yang telah ikut mendukung kegiatan ini. Semoga dapat berjalan lancar dan sukses sampai akhir nanti. Saya ucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta, berlombalah dengan penuh sportivitas dan persahabatan. Yakinlah kalian adalah generasi hebat masa depan Indonesia.” ujar Hamid.

Direktur Pembinaan SMA Purwadi Sutanto mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan rutin oleh Direktorat Pembinaan SMA setiap tahun dan bergantian di tiap daerah. Kedua kegiatan ini merupakan wadah bagi para siswa SMA untuk mengaktualisasikan bakat dan kemampuan dalam berpikir kritis dan logis, serta mengkomunikasikannya secara efektif dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kegiatan ini terbuka bagi seluruh peserta didik untuk unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan isu-isu global.

“Diharapkan melalui kegiatan ini para siswa mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua kecerdasan sehingga sejalan dengan arah pengembangan pendidikan karakter bangsa,” kata Purwadi.

NSDC diadakan sejak tahun 2003 dan LDBI dimulai pada tahun 2006. Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan pertama kalinya pada tahun 2015 di Provinsi Maluku. NSDC dan LDBI 2018 akan dilaksanakan di beberapa tempat, yaitu SMAN 4, SMAN 5, dan SMA Saint Carolus (untuk LDBI), dan SMA Muhammadiyah 1, SMA Plus Negeri 7, dan SMA IT Iqra (untuk NSDC). Sedangkan babak final di Grage Horison, Bengkulu.

Editor : Yakobus Eko

Komentar
Loading...