Modern technology gives us many things.

Desa Kramat, Pelopor Kampung KB di Kabupaten Pulau Taliabu

Indonesiaberita.com, TALIABU – Tepat pada tahun 2016, Bupati Pulau Taliabu (Pultab), Aliong Mus melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB3A), mencanangkan Desa Kramat, Kecamatan Taliabu Barat sebagai Perkampungan Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Pultab, Maluku Utara.

Hal ini sesuai arahan Presiden Jokowi dalam menjalankan program nasional pembentukan Kampung KB pada kondisi tertentu terutama pada wilayah miskin, terpencil, padat penduduk, tertinggal, dan wilayah nelayan di setiap kabupaten. Dengan maksud mewujudkan masyarakat yang berkualitas, sehingga mampu meningkatkan kehidupan keluarga yang tentram dan sejahtera.

Dalam perkembanganya di tahun 2017, telah terbentuk kelompok kegiatan (Poktan) KB yakni kelompok Bina Keluarga Balita yang tugasnya melakukan kegiatan penyuluhan secara rutin setiap bulan berjalan dan PPKBD (Pembantu Penyuluh Keluarga Berencana Desa).

Untuk diketahui, data penduduk di Desa Kramat di tahun 2017 memiliki 1.364 Jiwa, Rumah miskin berjumlah 163, Rumah permanen berjumlah 234, Rumah Semi permanen berjumlah 49, Rumah Darurat berjumlah 189 dengan memiliki Luas wilayah perkampungan 2,5 x 7 KM2.

Pengukuhan Pokja Kampung KB Desa Kramat.

Suasana Pengukuhan. Foto : Andri Permata

Guna tercapainya tujuan dari pencanangan Kampung KB, maka kegiatan pengorganisasian yang berorientasi pada pembinaan masyarakat desa tidak boleh berhenti dilakukan.

Dari pantauan Indonesia Berita, Kamis (8/8/2018) pemerintah Desa Kramat telah menggelar Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB. Melalui ini, terbentuk Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB dan secara resmi telah di kukuhkan oleh Kepala Pemerintahan Kecamatan Taliabu Barat (Talbar), Sarifudin Soamole, SE.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, Dinas PPKB3A Pultab, La adia maiba, S.Pd, Kepala Pemerintahan Kecamatan Talbar, Kepala Desa Kramat yang di wakili oleh Sekertaris Desa Kramat serta Koordinator Penyuluh KB Kabupaten Pultab, Syamsul Ifat, SKM dan kader beserta Anggota Pokja.

Kedepannya, diharapkan ada kolaborasi dan sinergitas program pembangunan kemasyarakatan di Desa Kramat sebagai Kampung KB, sehingga dapat bersaing dan sejajar dengan desa desa yang telah maju terlebih dahulu di Maluku Utara.

Program Kampung KB untuk ciptakan masyarakat yang berkualitas.

Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pengerakan, Dinas P2KB3A Pultab, Lasinarudin. Foto :Adri Permata/Indonesia Berita

Di tempat terpisah, Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pengerakan Dinas P2KB3A Pultab, Lasinarudin saat ditemui diruangannya (9/8) menjelaskan,
Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah.

Pada praktiknya, Kampung KB dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

Saat ditanya tentang perkembangan Kampung KB di Pultab, Lasinarudin, mengungkapkan, sudah di kembangkan perkampungan KB sampai ditingkat kecamatan se- Taliabu dan tahun depan bakal di adakan lagi Kampung KB sampai di tingkat Desa.

“Sementara masih dilakukan survei ke Desa – Desa untuk menetukan kampung KB ditingkat Desa pada tahun depan,” bebernya.

Dia menambahkan, dengan program kampung KB ini diharapkan dalam perjalanannya dapat tercipta masyarakat yang berkualitas dimasa yang akan datang sehingga dapat meninkatkan ketahanan keluarga yang menuju pada keluarga sejahtera.

“Memupuk kesadaran masyarakat untuk memiliki kehidupan yang lebih berkualitas dan salah satunya dengan Pencanangan  Kampung KB,” pungkasnya.

 

Editor  : YE

Komentar
Loading...