Menjadi Referensi Mendunia

Jokowi, Genius Politik Indonesia

Oleh : Taru J. Wisnu

Indonesiaberita,com, JAKARTA – Sebagai negarawan sekaligus Presiden RI, Jokowi memikirkan semua elemen rakyatnya, baik yang pro maupun kontra, baik yang senyap maupun gaduh karena beliau adalah Presiden untuk seluruh rakyat Indonesia.

Umat Islam sebagai elemen rakyat terbesar tentu saja mendapat perhatian khusus, dimana selain sebagai lumbung suara namun lebih penting lagi adalah persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti kita ketahui bahwa beberapa waktu ini terjadi penajaman faksi-faksi dalam umat Islam di Indonesia. Yang paling kentara adalah antara elemen 212 dan islam nusantara.

Dalam konteks pencalonan Capres – Cawapres 2019, Pak Jokowi secara jitu mengantisipasi kesatuan dan persatuan umat dengan pendekatan cerdik rasional dan terukur. Pilihan Cawapres antara Mahfud MD atau Ma’ruf Amin bukanlah pilihan sulit karena keduanya adalah orang-orang yg kompeten dalam hal keislaman dan kedewasaan politik.

Sebenarnya deklarasi Cawapres Jokowi sedianya menunggu deklarasi Cawapres Prabowo. Dengan pertimbangan, apabila Cawapres Prabowo adalah UAS atau Salim segaf, maka Jokowi akan didampingi oleh Cawapres Mahfud MD yg dapat mengimbangi narasi-narasi keislaman dari UAS atau pun Salim Segaf. Namun karena Sandi Uno namanya dipastikan sebagai Cawapres Prabowo sebelum deklarasi, maka pilihan Cawapres dengan sangat jitu ditujukan kepada Ma’ruf Amin yang dipastikan dapat meredam potensi kegaduhan politik dengan identitas agama seperti yang terjadi dalam pilkada DKI lalu.

Kelompok 212 maupun Islam Nusantara sama-menghormati KH. Ma’ruf Amin. Pertimbangan-pertimbangan tersebut menunjukan kematangan politik dari Pak Jokowi dalam upaya memenangkan kontestasi demokrasi di Indonesia. Persatuan dan kesatuan dulu, sekaligus memenangkan Pilpres 2019.

Penulis adalah Ketua Yayasan Kehutanan Indonesia

sekaligus Ketua Dewan Pembina Rejo Semut Ireng.

Editor : Mastobelo

Komentar
Loading...