Menjadi Referensi Mendunia

BKKBN Sultra Gelar Asah Kreativitas Remaja, Peringati Hari Remaja Internasional

Indonesiaberita.com, KENDARI – Tepatnya pada 12 Agustus merupakan International Youth Day atau Hari Remaja Internasional adalah hari perayaan yang dicetuskan oleh PBB pada tahun 1998 dan diperingati pertama kali pada tahun 2000.

Selain dijadikan sebagai hari peringatan khusus untuk merayakan hal-hal yang berkaitan dengan remaja, Hari Remaja Internasional juga dijadikan sebagai ajang bagi remaja-remaja di dunia untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan informasi, tidak lupa juga Sulawesi Tenggara (Sultra) juga ikut memeriahkannya.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  Provinsi Sultra  memiliki ruang yang sama dengan perayaan Hari Remaja Internasional dalam kaitan membangun remaja yang sehat secara mental dan spiritual.

Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan tersebut mengusung tema “Remaja Sehat, Remaja Produktif, Remaja Berencana untuk Indonesia Emas” ini diikuti oleh anak-anak mahasiswa serta pelajar tingkat SMP dan SMA.

Mustakim selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKKBN Provinsi Sultra, mengatakan bahwa dalam merayakan Hari Anak Nasional Pihaknya lebih memilih program pengembangan kreatifitas remaja.

“Meski hari ini peringatannya, tapi kami lakukan perayaannya kemarin dengan menggelar lomba-lomba seperti lomba fashion busana daur ulang dan lomba Beatbox.” jelasnya, Minggu, (12/8/2018).

Hal ini dilakukan karena diyakini bahwa remaja merupakan penerus bangsa yang punya kreativitas untuk membentuk kepribadian yang handal.

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan mengenai  bonus demografi. Dikatakan bahwa sebentar lagi Indonesia memasuki tahun-tahun penting datangnya puncak bonus demografi, yakni antara tahun 2020 hingga 2030.

“Bonus demografi merupakan suatu fenomena, di mana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan. Sebab jumlah penduduk usia produktif sangat besar, sementara proporsi usia muda semakin kecil dan proporsi usia lanjut belum banyak,” jelasnya.

Sebagai penutup Mustakim mengatakan sebagai kegiatan yang baru pertama kali dilakukan di Sultra ini nantinya diharapkan dapat terus terlaksana. Apalagi, kegiatan ini positif untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak dan remaja.

“Bisa menjadi berkah jika usia produktif ini benar-benar produktif. Jadi, tidak ada yang nganggur, punya skil, punya pendidikan yang pas, punya keterampilan. Makanya kita menyiapkan wahana atau medianya seperti kegiatan ini untuk memfasilitasi anak-anak remaja untuk menunjukan kreasinya,” tutupnya

Editor : Yakobus Eko

Komentar
Loading...