Menjadi Referensi Mendunia

Relawan, Minta PPATK Usut Aliran Dana 1Triliun Sandi ke Partai Politik

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Perkumpulan Demi Anak Generasi (DAG) mendesak Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengusut tuntas aliran dana kampanye Rp1 Triliun Sandiaga Uno ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Desakan ini untuk memastikan PPATK secepatnya melakukan analisis rekening yang dicurigai apakah melanggar dari aturan Pemilu atau tidak.

“Peran PPATK sangat penting dalam pengawasan aktivitas dana kampanye untuk Pilpres 2019 yang bersih, adil dan transparan. Periksa itu dana kampanye yang diakui Sandiaga Uno,” kata Ketua Umum DAG, Edo Panjaitan di Jakarta, Selasa (14/8).

Selain itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berkoordinasi dengan PPATK untuk segera memberikan informasi transaksi keuangan yang dianggap mencurigakan terkait aliran dana Rp1 Triliun tersebut.

Jika terbukti dana itu merupakan mahar politik atau politik uang, menurut dia, maka Sandiaga Uno harus diproses, dan dikenai sanksi hukum berat. Sayangnya, permasalahan selama ini banyak aktivitas dana kampanye disalurkan tidak melalui rekening melainkan tunai oleh oknum tak dikenal, sehingga kasus mahar politik atau politik uang bisa lolos dari jeratan hukum.

“PPATK dan Bawaslu semestinya bisa mengontrol arus keuangan pasangan calon termasuk keuangan partai politik, sehingga dapat menciptakan pilkada dan pemilu yang bersih,” harapnya.

Perlu untuk diketahui, polemik soal dugaan Sandiaga Uno memberikan mahar politik Rp500 miliar untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto terus memanas. Bakal cawapres Sandiaga buka suara setelah muncul tuduhan dirinya memberikan mahar politik kepada PKS dan PAN.

Sandiaga pun membantah, tidak benar dirinya memberikan mahar politik kepada partai yang berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam pengajuan calon presiden (capres) Prabowo Subianto. “Tidak benar mahar, karena semuanya harus sesuai undang-undang,” kata Sandiaga.

Namun demikian, Sandiaga Uno tidak menampik bahwa dirinya memberikan dana kampanye kepada tim pemenangannya. “Saya bersedia untuk menyediakan sebagian dari biaya kampanye dan ada bantuan kepada tim pemenangan dan juga bantuan kepada partai pengusung,” katanya.

Editor : RA

Komentar
Loading...