Menjadi Referensi Mendunia

Sosialisasi Program Pamsimas III di Kabupaten Pulau Taliabu

Indonesiaberita.com, TALIABU – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pulau Taliabu (Pultab) telah melaksanakan tahap sosialisasi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas III) Tingkat Kabupaten Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Sosialisasi ini Berlangsung di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pultab. Senin (13/08/2018).

Dinas pekerjaan Umum (PU) Pultab, Melalui Sekertaris Dinas PU Pultab, Roni Tani, mengatakan, Program Pamsimas III bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan dan pingiran kota.

“Program Pamsimas III bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan dan pingiran kota.” kata Roni Tani.

Ditambahkanya, sebagai penyelengara Program Pamsimas pada tahap sosialisasi berupaya untuk memberikan pemahaman akan pentingnya program nasional ini untuk menjawap kebutuhan Desa akan air minum yang bersih dan sanitasi berbasis masyarakat

“Memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bagaimana bisa berkontribusi sehinga bisa terlibat secara langsung dalam program ini.” pungkasnya.

Dirinya mengungkapkan, berdasarkan target akses Universal, setiap orang pada tahun 2019 harus memiliki akses terhadap air minum dan sanitasi.

“Setiap orang pada tahun 2019 harus memiliki akses terhadap air minum dan sanitasi.” ungkap Roni.

Diantaranya, lanjut Roni, Air minum 85% memenuhi Standar pelayanan minimal 60 liter/orang/ (sesuai Permen PU No. 14 Tahun 2010 tentang SPM Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), dan 15% memenuhi kebutuhan dasar (Lifeline consumption).

“Sedangkan untuk sanitasi 85% memenuhi Standar Pelayanan Minimum dan 15%memenuhi kebutuhan dasar.” lanjutnya.

Diterangkanya, sementara untuk sasaran Program Pamsimas harus berdasarkan kriteria Desa yaitu, belum pernah mendapatkan program Pamsimas, cakupan akses air minum dan sanitasi tergolong aman serta masih rendah, dan adanya peryataan kesangupan pemerintah desa untuk menyediakan minimal 10% pembiayaan untuk rencana kerja masyarakat (RKM) dari porsi Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD).

“Komposisi pendanaan, APBN/APBD = 70%, APBDes = Minimal 10%, Kontribusi Masyarakat = Minimal 20% (uang tunai = 4%, Swadaya Material Lokan dan Tenaga = 16%).” terangnya lagi.

Selanjutnya dirinya berharap, semoga dengan adanya program ini masyarakat di pedesaan bisa terjawap kebutuhan air minum bersih dan sanitasi yang dikelola oleh masyarakat sendiri.

“Semoga dengan adanya program ini masyarakat di pedesaan bisa terjawap kebutuhan air minum bersih dan sanitasi yang dikelola oleh masyarakat sendiri.” harapnya.

Kordinator Pamsimas, Dedi Mony, menyampaikan materi pada sosialisasi yang diselengarakan mengenai tentang gambaran umum, tujuan program, siklus program dan kriteria sasaran.

Ditambahkannya, Tahap sosialisasi kali ini masih ditingkat Kabupaten dengan peserta para sejumlah Kepala Desa dan Perangkat Desa di Pultab

“Setelah ini masih dilanjutkan sosialisasi pada tingkat Kecamatan sampai ditingkat Desa sehingga masyarakat secara keseluruhan dapat memahami maksud dan tujuan dari program ini.” ungkapnya

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri Kepala Desa beserta perangkat Desa dari perwakilan seluruh kecamatan di Pulau Taliabu.

Editor : Yakobus Eko

Komentar
Loading...