Indonesiaberita.com, TALAUD – Komandan Distrik Militer 1312/Talaud Letkol Armed Gregorius Eka Setiawan bersama Forkopimda melangsungkan Panen Padi Perdana lahan percontohan di Kecamatan Beo, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Selasa (14/8/2018) kemarin pagi.

Upaya Pemanfaatan lahan kosong yang dilakukan masyarakat bersama Koramil 1312/03 Beo pada bulan April lalu dengan menanam padi diatas lahan seluas hampir 2 Ha (Hektare) kini membuahkan hasil.

Sebanyak 13 Petak sawah yang di tanami padi jenis ‘Padi Thailand’ sudah bisa di Panen. Panen Perdana ini dipimpin langsung Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan SE., MM didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Kepulauan Talaud yang secara simbolis melakukan pemotongan padi secara bersamaan.

“Kegiatan lahan percontohan yang dilakukan unsur TNI AD merupakan salah satu upaya penting bernilai strategis untuk pembangunan suatu wilayah khususnya dibidang ketahanan pangan.” ucap Dandim dalam sambutannya.

Katanya, padi merupakan salah satu Komoditi strategis.

“Karena hingga kini, beras masih merupakan urutan pertama karbohidrat yang di konsumsi masyarakat Indonesia pada umumnya.” kata Gtegorius.

Dandim pun sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga Kecamatan Beo dan Koramil 1312/03 Beo tersebut.

“Ini merupakan salah satu bentuk adaptasi manusia terhadap alam dengan mengeksplor lahan pertanian dalam mendorong swakarsa untuk memanfaatkan lahan yang ada sehingga bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.” ungkapnya.

Kedepan (lanjut Setiawan), Talaud akan melakukan kegiatan yang sama diberbagai wilayah lainnya dengan melibatkan kelompok tani dan masyarakat dalam mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong.

“Lahan ada, irigasi ada, pupuk ada tinggal bagaimana kita memanfaatkannya menjadi sumber daya yang bernilai ekonomi, serta mendorong masyarakat dan kelompok tani menggunakan peluang itu,” kata Dandim Gregorius yang juga memiliki hobi bermain Futsal.

Dalam kegiatan Panen Padi Perdana ini turut dihadiri juga oleh Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba, SE, Kajari Kepulauan Talaud Sutikno SH., MH, Wakapolres Kepulauan Talaud Kompol Maria Boki Buida, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Dim/1312 Talaud Delvina Lopez, dan Pelaksana tugas (Plt) Asisten II Ekbang Nelmar Tumbal.

Editor : Yakobus Eko