Menjadi Referensi Mendunia

28 Anggota Paskibraka Kabupaten Kepulauan Talaud Dikukuhkan

Indonesiaberita.com, TALAUD – Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip, SE, mengukuhkan 28 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara yang akan bertugas dalam Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih (17/8) di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (16/8).

Sebagai Pembina Upacara, kemudian Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip menyematkan satya lencana kepada 28 Anggota Paskibraka. Selanjutnya ia mengatakan kepada Adik-adik calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, Bahwa pada akhir pelatihan ini adik-adik harus lebih mengenal jati diri sebagai generasi penerus Bangsa dan dituntut untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari ini, adik-adik akan dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Pengukuhan ini bermakna bahwa Paskibraka berjiwa kesatria, satunya perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab, rela berkorban untuk Ibu Pertiwi,” ucap Sri Manalip saat membacakan teks Pengukuhan Paskibra.

Tidak hanya itu, Ia juga mengingatkan kepada semua Anggota Paskibraka bahwa pekerjaan mereka belum selesai, karena harus mengibarkan Bendera Merah Putih.

“Lahan luas yang terbentang dihadapanmu menanti tangan-tangan yang terpuji. Ini sebagai perwujudan pengukuhan akan ada pengucapan ikrar,” kata Sri Manalip yang selanjutnya membacakan Ikrar Putera Indonesia dan diikuti oleh 28 Anggota Paskibraka.

Usai mengikuti Upacara Pengukuhan, salah seorang Anggota Paskibraka, Maretia Bambungan (16) asal Desa Pantuge Kecamatan Kabaruan yang juga utusan dari SMA Negeri 1 Kabaruan, ketika diwawancarai mengatakan bahwa Ia sangat siap bertugas dalam Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih (17/8) besok.

“Secara pribadi sangat siap, karena dengan ini dapat meneruskan perjuangan Bangsa untuk mengibarkan sang Merah Putih,” ujar Maretia kepada Pewarta Indonesia Berita.

Dirinya menambahkan, selama mengikuti Karantina ada banyak hal yang telah ia terima dan dapatkan. Seperti kebersamaan, kedisiplinan, jiwa korsa, dan juga materi-materi seperti Sejarah Paskibraka.

“Rasa gugup tentunya ada, tetapi sejauh ini tetap siap untuk bertugas di Upacara Bendera dan siap melaksanakan tugas dengan baik,” imbuh Maretia, yang bertugas sebagai Pembawa Baki pada Upacara HUT RI ke-73 besok hari.

Seperti diketahui, sebelum dikukuhkan ke-28 Anggota Paskibraka ini masuk Karantina sejak 30 Juli lalu dan telah menerima berbagai materi serta pelatihan seperti baris berbaris, materi tentang Paskibraka, sejarah Merah Putih, wawasan kebangsaan, tata upacara bendera dan materi lain yang diajarkan oleh Para Pelatih.

Turut hadir dalam upacara pengukuhan tersebut, Sekdakab Talaud Ir. Adolf Binilang, Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra, Drs. Alex Sahadula, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba, SE, Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan, SE., MM, Kajari Kepulauan Talaud Sutikno, SH., MH, dan sejumlah Pejabat Eselon III dan IV di lingkup Pemdakab Talaud.

Editor : Mastobelo

Komentar
Loading...