Menjadi Referensi Mendunia

DPRD Bersama Pemkab Pulau Taliabu Gelar Sidang Paripurna Perubahan APBD

Indonesiaberita.com, TALIABU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) mengelar sidang paripurna bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Pultab dalam rangka membahas perubahan Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2018, yang berlangsung di ruang Aula Kantor DPRD Pultab, Ibu kota Bobong, Kecamatan Taliabu Barat (Talbar), Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut). Kamis (16/8/2018) Pukul 11.30 s.d 13.10 WIT.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Pultab, La Nuhu Hasih, dalam penyampaiannya mengatakan, Perubahan APBD sesuai Ketentuan Perundang – Undangan yang berlaku perlu dilakukan dengan beberapa pertimbangan yaitu :

1) Terjadi devisit anggaran untuk anggaran kebutuhan belanja yang dianggarkan dalam APBD
2) Terjadinya pelampauan pendapatan dari pendapatan sebelumnya ditargetkan untuk memperoleh.
3) Perubahan APBD juga dilakukan sebagai bentuk respon kita terhadap terhadap tuntutan belanja daerah yang sifatnya mendesak yamg sebelumnya tidak diangarkan dalam APBD atau yang sudah dianggarkan namun belum memenuhi beban yang harus dibelanjakan pada Tahun Anggaran yang sedang berjalan.

“Sehingga dengan dasar itu kita dituntut untuk melaksanakan Perubahan APBD guna menyesuaikan dengan beberapa kondisi sebagaimana saya sampaikan tadi.” terangnya

Menurut La Nuhu, hal ini disebabkan dalam anggaran belanja yang harus dilaksanakan sehingga untuk penyesuaian yang saya maksudkan dan yang mengharapkan kerja sama dengan ketelitian dan kearifan kita bersama dalam membahas perubahan APBD ini.

Ditambahkannya, atas pertimbangan tadi maka pemerintah daerah mengajukan perubahan APBD tahun anggaran 2018 yang diawali rancangan dengan KUA dan PBAS kepada DPR Kab. Pulau Taliabu guna memperoleh kesepakatan bersama.

“Oleh sebab itu saya mengajak kita semua untuk mengikuti pidato pengantar Nota Keuangan oleh Bupati Pulau Taliabu sekaligus menyerahkan dokument rancangan kebijakan umum anggaran dan prioritas anggaran sementara perubahan APBD tahun 2018.” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pultab, Aliong Mus, ST, Mengatakan, dalam rapat agenda ini merupakan rapat strategis kepada kita semua karna dengan penyampaian Kebijakan Umum APBD (KUA) Perioritas Plafon Anggaran Sementara (PPS) perubahan anggaran dan pendapatan daerah Kabupaten Pultab Tahun 2018

“Berarti kita telah melaksanakan salah satu tugas daerah, sesuai dengan UU No 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.” tukasnya.

Aliong Mus mengungkapkan, Peraturan Pemerintah No 58 Tahun 2005 Tentang Pengolahan Keuangan Daerah dan Permendagri No 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Keuangan Daerah dijelaskan bahwa perubahan DPRD hanya dapat dilakukan apabila terjadi keadaan merubah struktur APBD salah satu keadaan yang memungkinkan dapat barubah.

Penerimaan yang mencakup yakni :
1) Pedapatan dari sebelumnya asumsi sebesar RP.631.240.000.000,- (enam ratus tiga puluh satu milyar dua ratus empat puluh juta rupiah) berkurang RP.15.400.000.000,- (lima belas milayar empat ratus juta rupiah) sehingga menjadi Rp.615.640.000.000 ,- (enam ratus lima belas milyar enam ratus empat puluh juta rupiah).
2) Pembiayaan infrakstruktur yang di asumsikan sebesar Rp.21.600.000.000,- (dua puluh satu millyar enam ratus juta rupiah) bertambah sebesar Rp.16.400.000.000 (enam belas milyar empat ratus juta rupiah) sehingga menjadi Rp.56.600.000.000,- (lima puluh enam milyar enam ratus juta rupiah
3) Belanja daerah mencakup Rp.620.340.000.000,- (enam ratus dua puluh milyar tiga ratus empat puluh juta rupiah) dan tidak mengalami perubahan.

“Sehingga Kita patut mengucap syukur karena penyampaian perubahan kegiatan anggaran serta prioritas anggaran sementara perubahan APBD Tahun 2018 telah mampu kita selesaikan.” tuturnya.

Bupati Pultab berharap, dapat memberikan waktu yang lebih baik kepada dewan yang terhormat untuk memahami serta memberi solusi dan kebijakan yang akan ditempuh dalam urusan perubahan anggaran.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Pansus Kab. Pulau Taliabu yang telah memberikan begitu banyak rekomendasi kepada Pemerintah Daerah untuk kedepan lebih baik lagi.” harapnya

Sidang dihadir sekitar 70 orang pada Sidang Paripurna DPRD Pultab yakni, Aliong Mus, ST (Bupati Pultab), didampingi Ramli (Wakil Bupati), sidang dipimpin La. Nuhu Hasih (Ketua DPRD Pultab) didampingi Ridwan Soamole (Wakil Ketua I DPRD) dan Pardin Isa S. Sos. (Wakil Ketua II DPRD), Banua Purba, SH. MH (Kajari Kabupaten Kepulauan Sula) Syamsudin Ode Maniwi (Kepala Kesbangpol), La Utu Ahmadi (Kadis Sosial), Sunadi Buamona (Kadis Pertanian dan Perkebunan), Kuraisia Marsaoly (Kadis Kesehatan), Haruna Masuku (Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran), Abdul Kadir Nurali (Kabag Humas dan Protokoler), Arwin Tamimi, ST (Sekretaris dinas Perumahan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup), Gafarudin S. Pd (Kadis Kominfo) , Kepala Dinas KB, Djulkifli La Djupa (Kabag Hukum, Pemda. Pulau Taliabu), Steve Wanda (Sekretaris Bappeda), Septinus Barunggu (Kepala DPMD), H. Karidu Hamura (Kepala Dinas Perindakop dan UKM) dan Anggota DPDR Pultab.

Editor : YE

Komentar
Loading...