Indonesiaberita.com, BANGKINANG – Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73 berlangsung di halaman Mapolres Kampar, Jumat (17/8/2018) sekitar pukul 07.00 WIB.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Kampar, AKBP. Andri Ananta Yudhistira serta hadir juga pejabat Utama Polres Kampar, para Perwira dan serta perserta upacara diikuti oleh semua Personil Polres Kampar.

Dalam kesempatan ini polres kampar memberi penghargaan kepada personil polres kampar yang berprestasi dalama melaksanakan tugas kepolisian yaitu Kapolsek Tapung Hilir dan personilnya : Akp Amru Hutauruk,SH, Ipda Novris Simanjuntak,SH, Bripka Eman Sulaiman, Brigadir Royanto Sinurat.SH, Brigadir M.Suwanto, Berhasil mengungkap kasus kepemilikan Sejata Api bIllegal Di Desa Kijang Jaya Kec.Tapung Hilir pada tanggal 12 April 2018 Dan di jalan Mandau KM 26 RT/12 RW 05 Desa Sekijang Kec.Tapung Hilir Kab.Kampar Pada Tanggal 27 April 2018.

Yang berikutnya penerima Penghargaan di berikan kepada Sat Narkoba Polres Kampar Yaitu Kasat Narkoba dan personilnya : Iptu Asdisyah Mursyid S.H, Ipda Aulia Rahman, S.H, Aiptu Sutarno, Aipda Azmi, Aipda Benny Reja,S.H, Aipda Syamsul Anwar, Bripka Jhoni Irawan, Bripka Amrizal Berhasil Mengungkap Kasus Narkotika Jenis Shabu sebanyak 16 Paket/10,38 Gram pada tanggal 31Juli 2018 di lapas Kelas II B Bangkinang dan pada Saat Pengembangan Kasus Tersebut berhasil diungkap Kasus Pembunuhan tahun 2007 yang terjadi di Desa Pandau Jaya kec.siak Hulu.Kab.Kampar.

Dalam Kesempatan ini Kapolres Kampar membacakan amanat Kapolri yaitu Upacara Peringatan Hut Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Khidmat dan Penuh Rasa Kebersamaan.

“Selain untuk mengenang pengorbanan para Pahlawan Bangsa dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia, Upacara ini juga merupakan momentum penting bagi kita semua untuk senantiasa menggelorakan semangat kejuangan dalam mengisi kemerdekaan melalui kerja nyata pada bidang pengabdian kita selalu insan bhayangkara.” kata Andri.

Selanjutnya Andri mengucapkan sebagai generasi penerus, kita semua memiliki moral responsibility yang harus diimplementasikan melalui prestasi.

“Prestasi dalam mengisi kemerdekaan, hal ini selaras dengan Tema Peringatan pada tahun ini yakni KERJA KITA, PRESTASI BANGSA, Tema ini membuat dua makna besar, yakni Energi dan Kerja yang disimbolkan dalam bentuk garis dinamis yang berarti suatu kemajuan dalam bekerja sekaligus melambangkan semangat dan Optimisme seluruh anak bangsa.” lanjutnya.

Andri menambahkan secara filosofis Kemerdekaan merupakan jembatan untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa sebagai anugerah tuhan yang maha esa.

“Kemerdekaan Indonesia berhasil diraih melalu semangat persatian dan kesatuan serta perjuangan tiada henti dari para pahlawan.oleh karena itu sudah sepatutnya kita memberikan dedikasi dan pengabdian melalui langkah-langkah nyata untuk membangun bangsa indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur.” tambahnya.

Lebih lanjut Andri menegaskan Indonesia adalah negara yang besar, dengan tingkat populasi penduduk yang tinggi, sumber daya alam yang melimpah, serta hingga merauke. Ketiganya merupakan modal kuat bagi bangsa kita untuk menjadi negara yang dominan.

“Guna menwujudkan Indonesia sebagai negara yang dominan tugas dan tanggung jawab polri selaku pemerihara keamana dalam negeri memberikan kodemokrasi Yang sangat besar dalam mengawal berbagai program pembangunan nasional.” tegas Andri.

Dirinya menjelaskan realitas ini mendorong polri untuk senantiasa meningkatan profesionalismenya dalam menghadapibdinamika tantangan tugas yang semakin tinggi terlebih lagi dengan perkembangan globalisasi pada era demokrasi saat ini.

“Polri semakin dituntut untuk terus meningkatkan eksistensinya untuk meraih kepercayaan masyarakat sebagai pemengan kekuasaan tertingi negara.” jelas Andri.

Menurut Andri komitmen kuat telah ditunjukan oleh institusi polri melalui berbagai upaya perbaikan yang di laksanakan dalam wujud program prometer.

“Upaya ini menitikberatkan pada 3(tiga) kebijakan utama,yaitu peningkatan kinerja ,perbaikan kultur, dan manajemen media.ketiganya harus dilaksanakan secara sinergis dan dan berkelanjutan, agar kepercayaan publik sebagai target utama dapat di raih dan terus di tingkatkan.” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan capaian dari penerapan program ini telah menunjukan dampak positif. Beberapa hasil survai kembaga penelitian yang kredibel menunjukan tingkan public trust terhadap institusi polri kian meningkat.

“Pada awal tahun 2016, polri merupakan salah satu dari 3 lembaga negara dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang paling rendah, kini polri telah menjadi kepercayaan publik yang tertinggi.” tutur Andri.

Salah satu indikator keberhasilan tersebut, dapat dilihat dari survei litbang kompas pada bulan juni 2018 yang menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap polri telah mencapai 82,9 % angka ini merupakan capaian tertinggi polri selama era reformasi.

Indikator lainnya dapat di lihat dari dilihat melalui survey papan atas yang berbasis di amerika serikat, melalui 2018 Global Law and Orde Survey mengungkap bahwa indonesia berada pada peringkat 9 negara ter aman di dunia.

Survey ini juga mengungkapkan bahwa 69% dari responden pada 142 negara percaya terhadap kinerja kepolisian lokal dalam menjaga keamanan dalam negri.

Berbagai capaian tersebut menunjukan bahwa polri telah berada pada jalur yang tepat dalam meningkatkan kinerjanya.dimana kondisi ini harus di pertahankan dan terus ditingkatkan oleh segenap personil polri dimanapun berada.

Sebelum mengakhiri amanat Ini, saya menekankan beberapa hal kepada seluruh personel polri, yaitu:

1. Implementasikan nilai-nilai luhur kejungan yang telah diwarisi para pahlawan, dengan senantiasa memberikan pengabdian terbaik sebagai insan bhayangkara sejati.

2. Jaga solidaritas internal, tingkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan bangun semangat berprestasi untuk mewujudkan polri yang sdmakin dicintai rakyat.

3. Tingkatkan terus soliditascdan kerja sama sinergis TNI, pemerintah daerah, dan seluruh stakholders lainnya dalam mngawal dan mengamankan berbagai agenda kamtibmas kedepan.

4. Bangun terus komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif

5. Dukung secara aktif agenda pemerintah dalan mewujidkan pembangunan nasional melalui tindakan kepolisian yang sejalan dan produktif.

Kegiatan Upacara ini berakhir pukul 08.00 wib dan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Editor : Yakobus Eko