Indonesiaberita.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U23 mengalahkan 3-1 timnas Hongkong U23 pada pertandingan terakhir grup A pada ajang Asian Games 2018 pertanding berlangsung di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Senin (20/8/2018).

Ritme pertandingan pada awal-awal babak pertama kedua tim tergolong lambat karena keduanya dipastikan sudah lolos  ke babak 16 besar.

Pada menit 13 Hongkong melakukan tekanan kepada lini pertahanan Indonesia melalui sisi yang ditempati Putu Gede.

Sampai menit ke 35 pertandingan masih imbang terkesan kedua tim bermain aman, kedudukan pun masih 0-0.

Hongkong terlebih dahulu mencetak gol melalui Lau Hok Ming pada menit 38 terlepas dari jebakan offside dan membuka skor bagi Hongkong 1-0.

Setelah tertinggal 1-0 tempo permainan anak asuh Luis Mila ini mulai meningkat demi mencetak gol.

Peluang Tim Merah Putih terjadi pada menit 42 melalui tendangan jarak jauh Rezaldi namun dapat dimentahkan dengan mudah oleh Yuen.

Babak pertama pun berakhir untuk kemenangan Hongkong 1-0.

Pertandingan babak kedua belum lama berlangsung namun sebuah assit Lilipaly dapat dimanfaatkan Irfan Jaya dengan melakukan solo run, Irfan berhasil menaklukkan Ho Chun pada menit 46. Skor pun berubah menjadi 1-1

Setelah berhasil mencetak gol Tim Garuda Muda terus mengurung lini pertahanan Hongkong.

Luis Mila melakukan pergantian pemain Irfan Jaya sang pencetak gol digantikan Saddil Ramdani pada menit 60.

Menit ke 62 Indonesia memperoleh peluang, berawal dilanggarnya Saddil oleh Lam Ka Wai yang berbuah tendangan bebas. Tendangan bebas Rezaldi dapat ditepis Ho Chun dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Kembali Indonesia mendapatkan peluang emas menit 69 kali ini melalui tendangan kaki kiri Saddil yang sangat keras sekali lagi Ho Chun berhasil menyelamatkan gawangnya dengan menepis bola.

Lilipaly berhasil membuat Indonesia memimpin melalui golnya berkat kerjasama dengan Beto dan diakhiri tendangan plesing Lilipaly bola meluncur ke gawang pada menit 85.

Pemain yang baru saja masuk Hanif Sjahbandi yang menggantikan Beto dapat memperbesar kemenangan Garuda Muda dengan memanfaatkan assist Lilipaly pada menit 94.

Peluit panjang wasit berbunyi tanda berakhirnya pertandingan antara Indonesia U23 melawan Hongkong U23 dan dimenangkan Indonesia dengan kedudukan 3-1.

Dengan kemenangan ini Indonesia tampil menjadi juara grup A dan dibabak 16 besar akan menghadapi Uni Emirat Arab.

Penulis : Fitrah

Editor : Yakobus Eko