Indonesiaberita.com, TERNATE – Pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan (PBAK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Ternate tahun 2018 resmi di helat, Jumat (24/08/18), bertempat di Aula Babullah IAIN Ternate.

Ketua Panitia Drs. Harun Ginoni, M.Hi mengatakan PBAK merupakan kegiatan rutin setiap pergantian tahun akademik di kampus IAIN Ternate.

“Kami menanamkan generasi muda sebagai pembangunan, baik spiritual, intelektual dan emosional, dan melakukan pembinaan agar bisa menjadi muslim yang baik serta sebagai generasi yang mencintai bangsa dan negara,” ujar Harun Ginoni.

Lanjutnya Tahun 2018 ini Mahasiswa yang mengikuti PBAK IAIN Ternate sebanyak 1.213 orang.

“Pada tahun ini 1.213 mahasiswa yang mengikuti PBAK, yang terhimpun di tiga fakultas yaitu fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan (FTIK), Fakultas syariah, ekonomi Islam, (FSEI) dan Fakultas Usuludin Adab, dan Dakwah (FUAD) dengan jumlah panitia 112 orang yang dilakukan selama 5 hari dari hari kamis Pra PBAK Serta jumat Sampai senin, Full dengan materi-materi PBAK dan akan ditutup dengan penyerahan mahasiswa baru dari panitia kepada IAIN Ternate,” ungkap Harun.

Dirinya menambahkan Kegiatan ini juga menjelaskan kepada mahasiswa baru tentang budaya akademik, yang ada di IAIN Ternate agar mahasiswa ketika mengikuti proses pembelajaran dapat mengetahui secara bersama.

Tak hanya itu Harun Ginoni juga menjelaskan ada perbedaan antara siswa SMA dan Mahasiswa.

“Tentu berbeda antara siswa SMA dan Mahasiswa pada umumnya tentu mahasiswa memiliki daya kritis dengan kajian-kajian secara ilmiah,” terangnya.

“Kami berharap dengan PBAK ini dapat berjalan dengan lancar sampai selesai dan juga mahasiswa/i baru ini memiliki semangat perubahan, keaktivan dan produktif serta inovasi, dan juga dapat melihat perubahan yang terjadi serta selalu menjunjung tinggi dan menjaga kampus IAIN Ternate,” harapnya.

Editor : YE