Indonesiaberita.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U23 harus melupakan target semifinal pada cabang olahraga sepakbola Asian Gemes 2018 setelah dibabak 16 besar kandas ditangan Uni Emirat Arab (UEA) melalui drama adu penalti 5-6 (2-2) yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (24/8/2018).

Tim Garuda Muda memperoleh peluang pada menit 14 namun sundulan Hansamu yang menyambut tendangan bebas Evan Dimas, sayang sundulannya masih melambung di atas gawang Mohammed Alshamsi.

Gawang Andritany bergetar setelah gagal menepis tendangan penalti Zayed Alameri pada menit 20 membuat UEA unggul 1-0.

Lilipaly hampir saja menyamakan kedudukan namun tendangannya hasil memanfaatkan bola liar masih melambung di atas gawang kiper UEA.

Hingga wasit Evans Shaun Robert asal Australia meniup peluit panjang kedudukan 1-0 untuk UEA tidak berubah.

Akhirnya pada menit 52 Bero dapat menyamakah kedudukan yang berhasil mengkonversi umpan silang Septian David yang baru masuk di babak kedua menggantikan Andy Setyo menit 46.

Hampir saja Evan Dimas menggandakan kemenangan untuk Indonesia namun tembankannya masih melambung pada menit 62.

UEA kembali mendapat hadiah penalti setelah Hansamu dianggap wasit melakukan pelanggaran atas Shaheen Aldarmki di dalam kotak penalti.

Eksekusi penalti kembali diambil Zayed, sekali lagi Zayed dapat mengelabui Andritany pada menit 65 membuat UEA kembali memimpin dengan 2-1.

Memasuki menit terakhir, Lilipaly membawa Tim Merah Putih kembali menyamakan kedudukan setelah menyambut umpan Saddil Ramdani pada menit 94.

Sampai enam menit waktu tambahan yabg diberikan wasit berakhir kedudukan 2-2 tidak berubah.

Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan 2 x 15 menit namun sampai waktu 2 x 15 menit berakhir kedudukan 2-2 tidak berubah.

Di waktu normal 2 x 45 menit dan babak perpanjangan waktu kedudukan tetap imbang 2-2 sehingga harus dituntaskan melalui adu penalti.

Dalam drama adu penalti dua penendang penalti Indonesia gagal mengeksekusi yaitu Septian David Maulana dan Saddil Ramdani sedangkan dari UEA yang gagal Ghanim.

Dengan kekalahan ini membuat Indonesia harus terhenti langkahnya pada babak 16 besar Asian Games 2018.

Editor : Yakobus Eko