Indonesiaberita.com, JAKARTA – Indonesia kembali menambah pembendaharaan medali emas dan perunggu dari cabang olahraga karate hari ini, Minggu (26/8/2018).

Emas dipersembahkan karateka putra Indonesia, Arrosyid Rifki Ardiansyah, sukses meraih emas nomor 60 kg dan medali perunggu dipersembahkan karateka putri, Cokodra Istri Agung Sanistyaran.

Bertanding di JCC Plenary Hall, Senayan, Jakarta, Rifki tak mampu memotong sarana sejak babak 16 besar. Ia kerap menang mudah, termasuk melawan atlet Thailand, Sawangsri.
Pada babak perdelapan final, Rifki tanpa ampun melawan karateka Tiongkok, Chen Hu. Ia tidak memberikan satu pun poin kepada Chen dan Rifki pun unggul 8-0.

Rifki harus melewati perlawanan Lee Chun Ho lebih dulu sebelum melangkah ke semifinal. Ia sudah ditunggu Selvam Prem Kumar dari Malaysia. Nyaris tumbang, Rifki akhirnya menang dan lolos ke final. Lawan berat dari Iran, Mahdi Zadeh sudah menunggu.
Tapi akhirnya Rifki dengan susah payah mampu mengalahkan Mahdi pada laga pamungkas. Rifki menyudahi melawan Mahdi dengan sko 9-7, yang juga membuat emas nomor 60 kg.

Ini merupakan penghargaan emas pertama dari cabor karate. Sebelumnya, karate hanya menyumbangkan dua medali melalui Ahmad Zigi Zaresta Yuda di kelas kata putra dan Cokorda Istri Agung Sanistyarani di kelas putri 55 kg.

Dengan tambahan emas dari Rifki, Indonesia telah mengoleksi 11 emas, 12 perak, dan 18 perunggu. Meski begitu, Indonesia masih terpaku di posisi kelima lantaran kalah empati dari Iran yang kini menduduki peringkat empat.

Editor : YES