Indonesiaberita.com, JAKARTA – Usai Rakor di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (27/8/2018), Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan untuk menjaga stabilitas harga beras sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah akan melakukan penetrasi pasar.

Enggartiasto mengatakan penetrasi pasar dilakukan guna menjaga stabilitas harga beras sesuai HET beras medium yakni Rp9.450 per kilogram. Upaya tersebut akan ditempuh sesegera mungkin dengan menggelontorkan beras dari stok Bulog.

“Sekarang kami sudah rakor dan memerintahkan kembali guyur pasar. Bukan operasi pasar tetapi penetrasi pasar,” ucap Enggar.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), per Senin ini tercatat harga beras kualitas medium I sebesar Rp11.700 per kilogram dan beras kualitas medium II sebesar Rp11.600 per kilogram.

Dalam rakor yang melibatkan Kementerian Pertanian dan Perum Bulog tersebut, Kemendag telah memerintahkan Bulog untuk menggelontorkan beras dari gudang, dimulai hari ini.

Editor: YE