Indinesiaberita.com, YOGYAKARTA – Pusat Studi Pancasila Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta mengadakan Sekolah Kebangsaan dengan tema “Membangun Karakter Generasi Bangsa Melalui Sekolah Kebangsaan Dalam menghadapi Ancaman Nyata.” yang akan diselenggarakan di ruang seminar Fakultas Ekonomi Bisnis UPNVYK, pada Sabtu 1 September 2018.

Menurut Ketua Panitia, Firmanto dinamika perkembangan yang semakin komplek dan berjalan semakin cepat dapat menimbulkan konflik dibeebagai strata kehidupan masyarakat.

Dinamika perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks dan berjalan demikian cepat, telah membawa perubahan dalam segenap aspek kehidupan yang berdampak kepada semakin menguatnya kecenderungan dari sebagian anak bangsa yang telah menimbulkan berbagai konflik di berbagai strata kehidupan masyarakat yang akhirnya dapat bermuara pada timbulnya disintegrasi bangsa.” ungkap Firmanto kepada Indonesia Berita, Jumat (31/8/2018).

Firmanto mengakatan maraknya pemanfaatan proxy war, radikalisme dan terorisme sebagai ancaman nyata.

“Maraknya pemanfaatan proxy war, radikalisme dan terorisme sebagai ancaman nyata yang harus dihadapi oleh Generasi bangsa oleh sebab itu sebagai anak bangsa kita berkewajiban untuk tetap menjaga Pancasila sebagai ideologi negara.” katanya.

Selanjutnya Firmanto menegaskan semangat Bhinneka Tunggal Ika yang tinggi sebagai dasar terbentuknya karakter bangsa yang diyakini mampu menjadi keutuhan negara yang dapat mempererat rasa persatuan dan kesatuan di antara sesama warga negara dibawah naungan pancasila dan NIKRI.

“Oleh karenanya harus senantiasa kita bangun dan kita jaga dengan cara dan metode yang tepat, sehingga dapat mendukung terwujudnya cita-cita bangsa dan negara yang telah digariskan.” tegas Firmanto.

Sebagai penutup Firmanto berharap dalam kegiatan Sekolah Kebangsaan diharapkan muncul generasi baru yang berpegang teguh pada Pancasila untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Dalam kegiatan Sekolah kebangsaan yang akan di laksanakan pada tanggal 1 September 2018 ini diharapkan muncul generasi baru yang berpegang teguh pada Pancasila untuk menjaga keutuhan NKRI.” tutupnya sambil berharap.

Photo : Ist

Editor : YES