Indonesiaberita.com, JAKARTA – Mata merupakan salah satu dari panca indera manusia yang memegang peranan sangat penting. Membantu kita untuk lebih mudah mengenali objek sekitar tentu mata memerlukan perhatian ekstra.

Selama ini tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang memberi dampak kurang baik untuk mata. Berikut kebiasaan yang dapat memberi dampak buruk untuk kesehatan mata dilansir dari Boldsky, Jumat (31/8/2018) lalu

1. Jarang Mengonsumsi Sayur dan buah

sayuran mengandung anti oksidian dan vitamin penting bagi retina mata. Demikian pula buah-buahan, kandungan nutrisi seperti vitami C,E,A, seng dan yang lainnya sangat baik untuk mata. Olehnya itu, mengonsumsi sayur dan buah dapat meningkatkan kesehatan mata.

2. Kurang tidur

Siapa sangka, begadang ternyata memberi dampak buruk untuk mata. Insomnia dapat mencegah mata memperoleh sirkulasi cairan yang dibutuhkan, sehingga terjadi oembengkakan pada mata. Selain itu kurang tidur juga menyebabkan kedutaan mata. Pembulu mata yang muncul dan kondisi langkah yang disebut Anterior Ischemic Optic Neuropathy (AION).

3. Mengucek mata

Kebiasaan ini sering dilakukan saat ada benda asing yang masuk dalam mata. Untuk sesaat memang lebih baik. Namun jika mengucek dengan keras dapat menyebabkan goresan dan distorsi kornea. Kornea sangat sensitif dan mudah tergores.

4. Bermain gadget malam hari

Banyak orang merasa tidak nyaman ketika menatap layar elektronik dalam waktu yang lama. Hal ini diistilahkan dengan digital eye strain. Penggunaan gadget atau perangkat elektronik berlebihan dapat membuat seseorang terpapar cahaya biru yang menyiltkan untuk tidur.

5. Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko katarak, mengaburkan lensa mata yang membuat sulit untuk melihat dan degenerasi makula. Masalah lain yang berhubungan dengan merokok adalah glaukoma, sindrom mata kering, mata malas, konjungtivitis, kerusakan saraf optik dan retinopati diabetes.

6. Pemakaian kosmetik yang tidak tepat

Penggunaan kosmetik seperti maskara, eye liner, eye shadow dan krim mata yang tidak tepat dapat merusak mata. Penggunaan terlalu dekat di bulu mata dapat menghalangi kelenjar minyak yang menyebabkan gatal dan infeksi. Kondisi lebih parah dapat dijumpai pada penggunaan produk kadaluarsa.

Pemeriksaan mata yang rutin minimal enam bulan sekali sangatlah membantu perwatan mata anda. Setidaknya kita dapat mengetahui apakah ada kerusakan yang terjadi pada mata atau tidak.

Editor: YE