Indonesiaberita.com, JAKARTA – Pesta akbar olahraga se-Asia tentunya tidak memakan biaya yang sedikit, perolehan medali sekarang terbanyak sepanjang sejarah Indonesia menjadi sepadan.

Sebagai tuan rumah tuk kali keduanya, Indonesia wajib berbenah diri, dari mulai memperbaiki stadion, wisma atlet sampai dengan pembinaan atlet dsbnya dipersiapkan pemerintah.

Empat puluh lima negara berpartisipasi dalam Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, 54 Kota di Indonesia disinggahi api Obor Asian Games yang dibawa dari India.

Dimulai dari 18 Agustus sampai dengan 2 September 40 cabang olahraga, 10 cabor baru dan 462 medali emas dipertandingkan.

4000 penari memeriahkan pembukaan, 15.0000 sukarelawan membantu penyelenggaraan Asian Games serta kurang lebih 5000 wartawan dari berbagai manca negara turut berpartisipasi dalam perhelatan Asian Games 2018.

Semua itu tak sedikit biaya yang dikeluarkan, Rp 68 triliun dikeluarkan pemerintah untuk membangun infrastruktur dan menyelenggarakan Asian Games di Palembang dan Jakarta.

Namun demikian ditargetkan Rp 1,2 triliun mendapatkan dana dari 70 sponsor. Sedangkan dampak positif ekonomi dari Asian Games Rp 45,2 Triliun

Nah sepadan kan apa yang kita peroleh sebagai tuan rumah, wajar bila tuan rumah maksimal menjadikan momentum pesta olahraga akbar se-Asia ini sebagai ajang unjuk kwalitas atlet Indonesia selama 4 tahun belakangan ini.

Diolah dari berbagai sumber

Penulis : ASA

Editor : YES