Indonesiaberita.com, TALAUD – Demi meningkatkan kinerja organisasi yang lebih optimal dan mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) personil yang baik dan capable, sekitar 50 orang anggota Kodim 1312/Talaud mengikuti Kegiatan Latihan Dalam Satuan melalui Penataran Tata Kelola Anggaran dan Wasrik Internal, yang berlangsung di Aula Makodim 1312/Talaud, Selasa (4/9) kemarin.

Kegiatan yang dimulai Pukul 14.00 Wita tersebut, dihadiri oleh Ketua Tim Penatar Itdam XIII/Merdeka Letkol (Inf) Susanto Manurung, Irops Itdam XIII/Merdeka Letkol (Inf) Bahri Samsul, Itmadya Itdam XIII/Merdeka Letkol (Inf) Sinjo S. Tumiwa, Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan, Kepala Staff Kodim 1312/Talaud Mayor (Inf) Sigfried W. Panaha serta para Perwira Staf, seluruh Danramil, Anggota Staf Makodim dan Makoramil 1312/Talaud dan anggota Unit Intel Dim 1312/Talaud.

Dalam rangkaian kegiatan Penataran Tata Kelola Anggaran dan Wasrik Internal Kodim 1312/Talaud, Laporan pembukaan disampaikan langsung oleh Pasi Ops Dim 1312/Talaud Kapten (Inf) R. Tamalawe.

Komandan Distrik Militer 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan, S.E., M.I.Pol, saat membuka kegiatan Penataran, mengatakan bahwa Kegiatan Latihan Dalam Satuan melalui Penataran Tata Kelola Anggaran danWasrik Internal ini merupakan upaya satuan Kodim 1312/Talaud dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi.

“Kinerja organisasi bisa optimal bila dijalankan oleh SDM personil yang baik atau capable,” kata Dandim.

Ia juga menyampaikan, kegiatan Penataran yang diselenggarakan Kodim 1312/Talaud bertujuan untuk meningkatkan kualitas personil dalam melaksanakan tata kelola anggaran dan pengendalian internal serta mewujudkan manajemen organisasi yang transparan dan akuntabel.

“Tantangan tugas ke depan akan semakin kompleks, sehingga kita perlu mengimbangi dengan meng-improve diri dan satuan kita agar pelaksanaan tugas dapat berjalan efektif. Kegiatan penataran ini merupakan Human Investment yang dilakukan satuan untuk terus meningkatkan kinerja personil dan organisasi,” terang Letkol Gregorius Eka Setiawan didepan seluruh personil yang hadir.

Dikesempatan yang sama, Ketua Tim (Katim) Penataran dari Itdam XIII/Merdeka, Letkol (Inf) Susanto Manurung, mengapresiasi upaya satuan yang dilakukan oleh Kodim 1312/Talaud.

“Upaya satuan yang dilakukan oleh Kodim 1312/Talaud ini merupakan hal positif yang patut diapresiasi. Meskipun di lokasi satuan berada di daerah luar, namun satuan ini merupakan satkowil pertama (Kodim) di jajaran Kodam XIII/Merdeka yang menginisiasi kegiatan latihan dalam satuan di bidang anggaran dan wasrik internal,” ujar Katim Penataran.

Tidak hanya itu, Katim Penataran menuturkan, walaupun usia satuan (Kodim 1312/Talaud) masih relatif muda (baru berjalan 8 bulan) bukan berarti satuan tidak berupaya untuk berkinerja sama dengan satuan lainnya.

“Oleh karena itu, penataran ini merupakan langkah positif satuan untuk melakukan percepatan dalam mengoptimalkan kinerja organisasi,” tutup Letkol (Inf) Susanto Manurung mengakhiri sambutannya.

Editor: Mastobelo