Indonesiaberita.com, MAKASAR – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan kuliah kepada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin (Unhas), Makasar, Jumat (7/9/2018) lalu.

Selain menyampaikan keberhasilan pemerintahan Jokowi-JK pada sektor pertanian, pada kesempatan tersebut, Menteri Amran juga memotivasi mahasiswa agar menjadi pengusaha sukses yang bergelut di sektor pertanian. Sebab, delapan dari 10 atau 80 persen pengusaha terkaya bergerak di sektor pertanian.

“Tekad kuat dan kerja keras, mengubah nasib mereka, sehingga mampu bangkit dari keterpurukan ekonomi masa lalu. Mahasiswa Fakultas Pertanian Unhas harus jadi pengusaha. Kami akan bantu permudah izinnya,” ujar Amran.

Untuk itu, tegas dia, mahasiswa harus memiliki karakter yang kuat dan cerdas sehingga mampu menjadi pemimpin dan pengusaha bidang pangan yang sukses di masa depan. Kunci paling utama yang harus dilakukan adalah berinovasi.

“Dulu saya tinggal di kos-kosan ukuran 4×6 meter dan di desa terpencil, 12 bersaudara. Umur 9 tahun saya sudah cari uang, gali batu gunung. Kami lahir dalam keadaan miskin, tapi kami tidak ingin dikuburkan dalam keadaan miskin. Saya kerja keras di bidang pertanian. Dulu saya tahun 1989 pinjam uang Rp500.000 dalam waktu 8 tahun menjadi Rp3 triliun. Kalau kita kerja keras pasti bisa sukses,” ucap Amran dengan penuh semangat untuk membangkit semangat para mahasiswa.

 

Editor: YE