Indonesiaberita.com, MALUT – Kementerian Agama (Kemenag), melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Dirjend Pendidikan Islam melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan kerjasama antara Kementerian Agama dengan Pemerintah daerah kabupaten/kota terkait pembangunan MAN Insan Cendekia di beberapa daerah di Indonesia, kegiatan ini berlangsung di Bogor pada Jumat (7/9/2018).

Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (HALBAR) mendatangani nota kesepahaman dengan Kemenag RI, dari pihak Pemkab Halbar Bupati Danny Missi, Sedangkan dari pihak kementerian Agama RI di wakili oleh Kamarudin Amin Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Acara di hadiri para bupati dan walikota se-Indonesia yang daerahnya ada MAN Insan Cendekia dan juga turut hadir seluruh kepala MAN Insan Cendekia se Indonesia, selain dari Halmahera Barat, kota Pekalongan, Kota Kendari, Kab. Aceh Timur, Kota Palu, Kab. Bangka Tengah, Kab.Sambas, kab.Aceh Timur, kota Batam, kab. Ogan Komering Ilir (OKI), kab. Padang Pariaman Kab. Paser, kab. Tanah Laut, Kab Bengkulu Tengah, kab. Tapanuli Selatan.

Dalam sambutannya Dirjen Pendis mengatakan tidak salah pemerintah daerah membantu Madrasah terlebih lagi regulasi membolehkan.

“Penandatangana MoU tersebut merupakan bentuk kerjasama kita dengan pemerintah dan juga wujud kesiapan pemerintah daerah mengemban amanah mulia dalam memajukan pendidikan Islam.” kata Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin.

Menurutnya, Kementerian Agama sangat mengharapkan dan mengapresiasi peran serta pemerintah daerah.

“Meskipun Pendidikan Islam berada dibawah naungan Kemenag yang pengelolaannya secara vertikal, tetapi pendidikan Islam adalah tanggung jawab.” imbuh Kamaruddin.

Di tempat terpisah Direktur KSKK A. Umar juga menambahkan, kegiatan ini dapat meningkatkan harkat dan martabat Madrasah.

“Dengan adanya sinergi bantuan dari pemerintah daerah dapat lebih mudah mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat serta penandatanganan MoU sebelumnya juga pernah dilakukan dengan beberapa daerah lainnya,” paparnya.

Sedangkan memurut Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Halbar, M. Zaimunir, Madrasah Aliya Negeri (MAN) Insan Cendikia Halamahera Barat didirikan pada Juli 2017 lalu.

“Hingga kini sudah memiliki 83 siswa dari kelas X Mipa 43 siswa dan kelas XI 40 siswa yang berkedudukan di Desa dodinga kecamatan Jailolo selatan kabupaten Halmahera Barat.” ungkapnya

Editor : YES