Indonesiaberita.com, TALIABU – Telah terjadi Kecelakaan Pelayaran pada KM. Fungka Permata V dengan tujuan Banggai – Taliabu saat berada di perairan wilayah Desa Togong Sagu, Kecamatan Bangkurung, Banggai Laut (Balut), Sulawesi Tenggah (Sulteng), Jumat (14/9/2018) kemaren.

Hal ini disampaikan melalui Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu (Pultab), Sutomo Teapon. Sabtu, (15/9/2018) kepada Indonesia Berita via seluler, mengatakan KM. Fungka Permata V mengalami kecelakaan pelayaran berupa kebakaran saat berangkat dari Pelabuhan Banggai Laut (transit) ke kepelabuhan Taliabu (Maluku Utara).

“Berdasarkan Informasi yang diperoleh melalui BPBD Balut menyebutkan, jumlah manifes kapal yakni 91 Penumpang serta 12 ABK. namun sementara data yang diperoleh hasil dari evakuasi di dapatkan 10 orang meningal dan 11 orang dinyatakan hilang.” beber Sutomo.

Sambung dirinya, awalnya pada pukul 16.45 WITA, telah di peroleh informasi melalui sambungan radio milik Syahbandar pelabuhan Banlut terkait kebakaran yang menimpa KM. Fungka Permata V saat sedang berlayar di perairan laut wilayah Desa Togong Sagu.

“Setelah mendapatkan informasi tersebut selanjutnya dilakukan kordinasi antara Unit, TNI Balut, Polsek Bangurung, Basarnas, Syahbandar Balut, KP3 Balut dan BPBD Balut untuk persiapan melakukan evakuasi.” terang Sutomo.

Diungkapkannya, Lokasi TKP terbakarnya KM. Fungka Permata V berjarak sekitar empat sampai lima jam perjalanan dengan menggunakan speed dari kota Banggai Ibu Kota Kabupaten Balut.

“Lokasi tersebut tidak terdapat jaringan komunikasi dan internet, komunikasi hanya dapat menggunakan radio kapal.” ungkapnya.

Terkait jumlah korban dan kerugian, Tambah Kaban itu, belum dapat di taksir dan akan dilaporkan dan di uptudate sambil menunggu pendataan dari Tim gabungan yang sedang melaksanakan evakuasi hingga sekarang namun hingga sekarang Tim Penyelamat tetap melakukan Evakuasi.

“Tim Evakuasi sedang berupaya melakukan pencarian korban yang masih dinyatakan hilang, kita berharap agar proses pencarian korban bisa cepat ditemukan.” harap Sutomo.

Daftar korban yang selamat. Photo : dok. Tim Gabungan

Berikut nama data – data korban :

Korban Yg Hilang:
1. Iyan.
2. Wandi.
3. Mama ikbal.
4. Nasima.
5. Waupele.
6. Anak waupele 1.
7. Anak waupele 2.
8. H. Lamporuka.
9. La Dia,
10. Mama Lasingga,
11. Iko Asmi.

Korban yg Meninggal ;
1. Maini ( Mama Ian );
2. Suhani;
3. Supiati;
4. Muh Arsan ( Bayi );
5. Muh Irwan ( Bayi );
6. Wa Ode Masiana;
7. Blm di ketahui ( perempuan );
8. Blm di ketahui ( perempuan);
9. Blm di ketahui ( perempuan);
10. Blm di ketahui ( laki- laki ).

Jasad korban KM Frungka Permata. Photo : Ist.

Editor : YES