Indonesiaberita.com, TALIABU– Insiden yang membuat duka mendalam khusunya masyarakat Taliabu saat Insiden Kecelakaan KM. Fungka Permata V terjadi 14 September 2018 yang lalu. 

Kini mendapat keseriusan oleh Pemkab Pulau Taliabu (Pultab) mencari solusi untuk kapal penyebrangan dengan tujuan Sulawesi dan rute pesisir Selatan Pulau Taliabu.

Bahkan, Pemkab meminta kepada pengelola KM Fungka Permata atau perusahan yang membawahi pelayan kapal tersebut untuk menyediakan kapal besi.

Bila tidak, maka pemkab Pulau Taliabu tidak akang memberikan ijin berlayar di wilayah Pulau Taliabu.

Selain meminta kepada Perusahan yang membawahi KM Fungka Permata menyediakan Kapal Besi, Bupati juga dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan pemilik Kapal seperti Grasilia, Kota Tertai untuk melayani rute Selatan dengan menggunakan Kapal Besi.

Hal ini diungkapkan Bupati Pultab, Hi. Aliong Mus, melalui Kabag Humas dan Protokoler Sekda Pultab, Abd. Kadir Nur Ali, S.Sos. mengatakan, bahwa dengan tragedy KM. Fungka Permata V yang menelan korban ini, Bupati akan melakukan koordinasi langsung dengan para pemilik dan pengelola kapal yang melayani rute Sulawesi dan Pulau Taliabu, untuk menyediakan Kapal berkontruksi Besi.

”Sekembalinya dari kegiatan di Jakarta Bupati akan melakukan koordinasi dengan para pemilik dan pengola Kapal, guna menghindari tragedy serupa” katanya pada Senin (17/9/2018).

Bahkan, untuk sementara waktu Bupati akan meminta kepada Pengelola KM Fungka Permata untuk menyediakan kapal berkontruksi Besi rute Selatan dan Sanana. Bila, tidak dindahkan maka pemkab Pulau taliabu akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam pemberian rute untuk tidak memberikan ijin berlayar di wilayah Pulau Taliabu.

”Bupati siap untuk datangkan Kapal berkontruksi Besi dalam melayani Wilayah Selatan,” tandasnya.

Dimana, ada beberapa pengusaha dan pengelola kapal telah siap untuk mendatangkan kapal besi dengan melayani wilayah selatan. Namun, bupati masih akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan para pengelola kapal sebelumnya.

”Sudah ada kapal yang siap untuk mengantikan rute KM. Fungka Permata dalam pelayanan di Pulau Taliabu” tutupnya.

Editor : YES