Indonesiaberita.com, TALIABU- Bupati Pulau Taliabu, menyampaikan duka cita kepada seluruh korban terbakarnya Kapal Motor (KM) Fungka Permata V yang mengangkut 101 penumpang di Perairan Pulau Sagu, Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Jumat 14/9/2018 yang lalu.

“Atas nama pribadi dan institusi, saya sampaikan duka cita yang mendalam atas musibah terbakarnya KM. Fungka Permata V, sehingga menimbulkan korban luka dan meninggal dunia, juga korban materi,” kata Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus

Bupati juga, menyampaikan keprihatinannya karena musibah terbakar. Bahkan, Ia berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali di masa datang dan para operator/pemilik kapal serta nakhoda harus betul-betul memperhatikan keselamatan pelayaran terutama yang terkait dengan operasional KM. Fungka Permata V sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Direktur Perkapalan dan Kepelautan atas nama Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: UM.003/13/16/DK.16 Tentang Peningkatan Keselamatan Kapal Kecepatan Tinggi, tertanggal 16 September 2016.

“Para operator/pemilik kapal dan nakhoda serta para kepala Unit Pelaksana Teknis Perhubungan Laut harus betul-betul berupaya meningkatkan pengawasan keselamatan kapal, khususnya kapal kecepatan tinggi dengan mesin didalam (inboard engine) maupun mesin tempel (outboard engine),” jelasnya.

Bahkan, Aliong telah meminta kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pulau Taliabu, untuk mencarikan tumpangan kepada para korban yang masih berada di Banggai Laut untuk dipulangkan ke Pulau Taliabu, agar dapat diurus oleh pihak keluarga.

”Bupati telah meminta Kepala BNPB Pulau Taliabu untuk mencarikan tumpangan kepada para Korban agar pulang ke Pulau Taliabu dengan biaya pemda,” paparnya

Editor : YES