Indonesiaberita.com, KENDARI – Kamar dagang dan industri (Kadin) berharap bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi (pemprov) untuk mendongkrak perekonomian di Sultra khsusnya di sektor ekspor.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua Kadin Sultra, La Ode Baladin pada saat wawancara di Warkop Haji Anto, Kendari (18/9/2018).

“Saat ini keberadaan kadin masih belum diakui kinerja nya sebagai lembaga bagi para pengusaha yang berkiprah di dunia perekonomian, degan kata lain kadin merupakan gubernur nya pengusaha, maka oleh karena itu kadin dan pemerintah ataupun stekholder terkait bisa  bergandengan tangan untuk bersama-sama membahas permasalahan perekonomian di Sultra.” ungkap La Ode Baladin yang dikenal sebagai owner Annova Grup.

Menurut La Ode Baladin potensi ekspor di Sultra sangat tinggi. Itu karena daerah ini dianugerahi sumber daya alam yang melimpah, mulai, perikanan, pertanian, serta perkebunan yang sampai membuahkan hasil yang baik.

“Jadi kalau kita berbicara tentang ekspor, harusnya pengusaha-pengusaha yang berada di Sultra pada saat ini harus melirik sektor-sektor produksi pada keunggulan di daerah kita.” ungkapnya.

Selanjutnya ia menuturkan salah satu potensi hasil perkebunan yang terkenal bahkan menjadi ikon kebanggaan daerah adalah kualitas jambu mete yang berasal di Sultra, produksi mete kita sudah diakui mancanegara dan termasuk penghasil mete terbesar di dunia, dimana Sultra penyuplai terbesar Mete, namun sayangnya ekspornya tidak terjadi di Sultra melainkan diluar.

“Kekurangan kita sebagai pelaku usaha-usaha yang di daerah masih bermain pada skala pasar lokal, bukan pada pasar ekspor, nyaris tidak ada pengusaha asal Sultra yang berani menjual hasil produksinya di pasar ekspor.” tutur La Ode Baladin.

La Ode Baladin menambahkan Kadin akan mendorong bagi pengusaha-pengusaha daerah agar mereka bisa menjual hasil-hasil produksinya di pasar ekspor, sehingga  meningkatkan kinerja ekspor di Sultra.

“Sekaligus juga mengembangkan industri di bumi Anoa ini.” tambahnya.

Terakhir La ode Baladin menuturkan bahwa, semoga gubernur Sultra saat ini Ali Mazi bisa mendukung program kadin guna bisa bersinergi membangun perekonomian di Sultra.

“Pengusaha bisa mendatangkan uang,  pengusaha bisa membantu membuka lapangan pekerjaan, pengusaha bisa membangun industri, dan tentunya pengusaha adalah mitra strategis dalam pembangunan daerah kita .” pungkas La Ode Baladin.

Editor : YES