Indonesiaberita.com, TALAUD  Untuk melaksanakan ketentuan pasal 34 ayat (4) Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 yang telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum, menyebutkan bahwa lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), ditetapkan setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Dan juga berdasarkan PKPU 05 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU 7 Tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilu tahun 2018 pada lampiran angka 13, mengenai pelaksanaan kampanye calon anggota DPR, DPD dan DPRD.

Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Talaud Propinsi Sulawesi Utara melaksanakan agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi PKPU Nomor 23 Tahun 2018 yang telah diubah dengan PKPU 28 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu Tahun 2019.

Rapat Koordinasi (Rakor) Penempatan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019 dan Sosialisasi Peraturan KPU Tentang Kampanye tersebut, berlangsung di Aula KPUD Talaud, Selasa (18/9/2018) siang.

Saat membuka Rakor, Ketua KPUD Kepulauan Talaud, Dra. Velma Sumee mengatakan bahwa, hari ini sangat penting bagi kita yang berada ditempat ini dalam rangka mengikuti setiap tahapan Pemilu 2019. Kami (KPUD Talaud – red) tentunya berharap sosialisasi tentang Kampanye dapat dihadiri oleh Forkopimda dan semua tamu undangan.

“Bahwa misalnya pemasangan APK, tentunya kita perlu koordinasi dengan Pemerintah Daerah yang ada dan kami mengharapkan koordinasi yang baik dalam pengawasan Pemilu 2019.” ucap Velma Sumee saat membuka kegiatan Rakor siang tadi di Aula KPUD Talaud.

Sedangkan untuk Sosialisasi Peraturan KPU tentang Kampanye Pemilu 2019 di pandu langsung oleh Komisioner KPUD Talaud Divisi SDM & Partisipasi Masyarakat Kader Talenggoran, S.IP.

Kader Talenggoran menjelaskan tentang landasan hukum yang akan digunakan pada Kampanye Pemilu 2019 yaitu Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum. Dimana, Peserta adalah Partai Politik maka dari itu disebutkan Partai Politik dan lain sebagainya dalam kampanye ini bisa menawarkan visi-misi.

“Pelaksana Kampanye adalah pihak-pihak yang berkaitan atau orang-orang yang berkampanye. Kampanye juga bisa membuat struktur organisasi hukum untuk menjalankan Kampanye dengan lancar.” jelas Talenggoran.

Talenggoran juga menguraikan tentang ruang lingkup kampanye, seperti Kampanye Presiden dan Wakil Presiden, Kampanye DPR, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Serta harus mengetahui urutan atau tatacara dalam berkampanye, mengerti Prinsip Kampanye, Partisipasi Politik dan Partisipasi Masyarakat.

“Materi kampanye harus sesuai dengan peraturan dan bertanggung jawab akan semua materi kampanye dan dalam materi kampanye harus sesuai dengan Pancasila dan tidak memprokator yang melanggar dengan hukum apalagi dengan membedakan suku atau sara.” ungkapnya.

Kader Talenggoran juga mengingatkan tentang Pencetak APK atau Media Cetak dan Media Online akan dipartisipasikan. Seperti debat kampanye akan di Danai oleh KPU, dan mekanisme Parpol yang akan melakukan pencetakan harus memberikan terlebihi dahulu bentuk pencetakan kepada pihak KPU agar dapat diperiksa dan dapat dicetak, maka dari itu untuk seluruh Partai Politik (Parpol) agar membuat desain APK secepatnya.

“Dalam kegiatan Kampanye harus melaporkan satu hari sebelum pelaksanaan Kampanye baik tertutup atau pun terbuka harus melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada Pihak Kepolisian, Bawaslu dan KPU. Jadi, wajib hukumnya harus melaporkan terlebih dahulu untuk pelaksanaan kampanye tersebut.” tutupnya.

Adapun yang hadir dalam Rakor ini diantaranya Ketua KPUD Talaud Dra. Velma Sumee, Sekretaris KPUD Talaud Nelwan Maloring, SH., MH, Komisioner KPUD Talaud Divisi SDM & Partisipasi Masyarakat Kader Talenggoran, S.IP, Pimpinan Komisioner Bawaslu Kepulauan Talaud Tevi Wawointana, S.Pd, Asisten I Tata Pemerintahan & Kesra yang diwakili Kasubag Trantib Umum Setdakab Talaud Jonly Mamuane, SE, Pelaksana tugas (Plt) Kaban Kesbangpol Kepulauan Talaud Alfrits Wasida, S.IP. MM, Dandim 1312/Talaud yang diwakili Pasi Intel Kodim 1312/Talaud Lettu (Inf) Alfian Taengetan, Danlanal Melonguane yang diwakili Paur Opslat Lanal Melonguane Letda Laut Nanang Setya Budi, Kapolres Kepulauan Talaud yang diwakili Kasat Narkoba IPTU Rolly Maholeh, SH, serta 11 Perwakilan dari masing-masing Partai Politik.

Editor : YES