Indonesiaberita.com, MEDAN – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengajak seluruh elemen masyarakat menyukseskan Asian Para Games 2018. Tiga sukses yang diharapkan adalah sukses sebagai tuan rumah dan penyelenggara, sukses prestasi para atlet, dan sukses membawa nama Indonesia dalam meningkatkan kepedulian kepada disabilitas.

Semangat dan inspirasi dari Asian Para Games 2018 juga dapat menjadi energi untuk membina kerukunan dan kebersamaan bangsa Indonesia.

Usai mengikuti Pawai Obor Asian Para Games 2018, Mendikbud bersama jajarannya menuju Stadion Teladan untuk melakukan tendangan permulaan atau kick off Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat provinsi Sumatra Utara.

“Kita bekerja sama dengan pak Gubernur, yang juga Ketua PSSI, menggelar Gala Siswa Indonesia, yaitu kompetisi sepak bola tingkat nasional untuk siswa SMP,” kata Muhadjir.

Ada dua hal yang akan kita raih, pertama sikap dan karakter. Kedua, melalui GSI ini kita lakukan talent scouting untuk menemukan bakat-bakat baru persepakbolaan nasional. “Kalau ini dijalankan terus, maka akan terpenuhi kualitas persepakbolaan kita,” ujar Gubernur Edy yang juga Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Muhadjir meyakini kerja sama Kemendikbud dengan PSSI akan dapat membangun sepakbola Indonesia yang berwibawa dan disegani. Ditambahkannya, Juara Nasional GSI akan dikirimkan ke Italia untuk belajar persepakbolaan di klub Juventus. “Kerja keras, fair play, sportif, dan jujur,” pesannya.

Gala Siswa Indonesia merupakan wadah bagi siswa untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui olahraga yang dikembangkan oleh Kemendikbud bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PSSI. Sebanyak 10.828 tim dari 1.948 kecamatan berkompetisi secara bertahap dan bertingkat memperebutkan gelar Juara Nasional.

Editor : YES