Indonesiaberita.com, TALIABU – Guna percepatan peningkatan infrastruktur jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pulau Taliabu (Pultab) dalam waktu dekat mulai melanjutkan pengerjaan pembangunan jalan hotmix di beberapa titik dalam Kota Bobong, Taliabu Barat (Talbar), Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Perlu diketahui, aspal beton atau biasa disebut hotmix adalah campuran agregat kasar, agregat halus, dan bahan pengisi (Filler) dengan bahan pengikat aspal dalam kondisi suhu tinggi (panas) dengan komposisi yang diteliti dan diatur oleh spesifikasi teknis.

Adapun kelebihan aspal hotmix yakni waktu pekerjaannya relatif sangat cepat sehingga terciptanya efisiensi waktu, lapisan konstruksi aspal hotmix tidak peka dengan air, serta dapat dilalui kendaraan setelah penghamparan selesai, fleksibel sehingga mempunyai kenyamanan bagi pengendara bahkan pemeliharaannya relatif mudah dan murah.

Plt. Kepala Dinas (Kadis) PUPR Pultab, M. Ridwan Buamona kepada Indonesia Berita. Kamis (27/9/2018), di sela-sela aktifitas kantornya mengatakan, pengerjaan peningkatan jalan hotmix dalam Kota Bobong mulai segera dikerjakan oleh PT. Limau Gapi Konstruksi dengan nomor kontrak : 601.1/33.KONT/KONTRAK/DPU-PR/PT/2018.

“Pengerjaan mengunakan anggaran tahun 2018 dengan nilai kontrak Rp 17.475.740.000,00, dan ditargetkan dapat diselesaikan pada 25 Desember 2018,.” katanya.

Dijelaskan Ridwan, pembangunan infrastruktur jalan Poros dalam Kota Bobong dan arah ke Desa Wayo (Pasar Rakyat) serta pada jalan yang baru di buka yakni pada Dusun Salenga terhitung keseluruhan jalan sepanjang delapan (8) kilometer.

“Pengerjaan jalan sepanjang delapan kilometer diantaranya, Poros jalan Kota Bobong – Desa Wayo, Dusun Salengga serta di seputara Kota Bobong.” jelasnya lagi.

Plt. Kadis itu berharap, dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan tersebut, sangat membantu masyarakat sekitarnya untuk bisa melakukan aktivitas dengan nyaman tanpa kendala dan juga bisa meningkatan perekonomian masyarakat sekitar

“Mengingat Ibu Kota Kabupaten sudah sepatutnya masyarakat sudah harus menikmati jalan yang enak dilalui tanpa ada kendala, ” harap Plt. Kadis asal Sanana itu.

Editor  : YES