Indonesiaberita.com, PALU – Komandan Resor Militer (Danrem) 132 Tadulako, Kolonel Infantri Agus Subiyanto, menyampaikan bahwa sinergitas Tim Tanggab Darurat belum terkoneksi dengan baik .

Hal ini disampaikan saat konperensi pers dan evaluasi satuan tugas (Satgas) Tanggap Darurat Bencana Sigi, Palu dan Donggala, Senin (1/10/2018).

“Seluruh Satgas tidak hadir dalam briefing, yang disayangkan seluruh tim dalam evaluasi belum lengkap.” kata Danrem.

Harapan Danrem 132 Tadulako agar seluruh Tim dapat sinergitas. Ia menjelaskan untuk kegiatan besok masih tim satgas masih melakukan evakuasi dan pemakaman korban.

“Kendala yang dihadapi tim pemakaman adalah kurangnya kendraan untuk mengangkut mayat untuk dilakukan penguburan secara massal.” jelasnya.

Danrem menegaskan agar seluruh pihak yang memiliki peralatan agar dapat terpanggil untuk dapat membantu satgas.

“Seluruh pihak yang memiliki peralatan agar dapat terpanggil untuk dapat membantu satgas.” tegasnya.

Selanjutnya Danrem 132 Tadulako selaku kepala Satgas Tanggab darurat menyampaikan bahwa perpu secepatnya pulihkan situasi ini termasuk distribusi logistik.

“Selanjutnya perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat agar masyarakat dapat memahami kegiatan yang dilakukan Tim  termasuk dapat memberikan dukungan untuk pemulihan keadaan dimasyarakat. ” lanjutnya.

Lebih lanjut  Danrim 132 Tadulako memberikan penegasan terkait Listrik yang belum bisa berfungsi untuk itu.

“Saya minta supaya PLN lebih Sigab lagi dan koordinasi apa kendala yang dihadapi supaya kita bisa support . Demikian juga tentang jaringan telokomunikasi supaya dapat benar benar berfungsi dengan baik olehnya Danrem selaku kasatgas tanggab darurat agar dapat meningkatkan kwalitas jaringan Telekomunikasi.” tegasnya lagi.

Kemudian Danrem menyampaikan terkait distribusikan Logistik Bantuan yang terpusat di Danrem perlu evaluasi sehingga distribusi logistik dapat langsung disalurkan ketempat tempat pengungsian.

“Karena evaluasi dari pimpinan pusat akan melakukan langsung ke titik titik pengungsian dibawah koordinasi Dandim bersama pemerintah Daerah, baik Sigi. Palu dan Donggala untuk distribusi logistik dibutuhkan kendraan sebanyak mungkin untuk angkut logistik bantuan kelokasi pengungsian supaya distribusi bantuan bisa merata.” paparnya.

Penulis : Fitra

Editor : YES