Indonesiaberita.com, TALIABU – Merebut kursi parlemen 2019 calon anggota legislatif dari Partai Demokrat Daerah Pemilihan (Dapil) dua nomor urut dua, Hitno kossy mengundurkan diri dari tugas wartawan media online biro Pulau Taliabu (Pultab), Maluku Utara (Malut).

“Kita harus menjunjung tinggi independesi insan pers apalagi status saya saat sudah sebagai calong anggota legislatif tentunya harus mundur diri dari tugas wartawan,” kata Hitno kossi caleg dapil II Partai Demokrat kepada sejumlah insan pers saat melakukan konferensi pers di Kedai Tawaka. Senin (1/10/2018).

Chiko sapaan akrapnya, mengaku sudah tidak melakukan aktifitas sebagai wartwan pada media online sejak penetapan daftar calon tetap (DCT) walaupun belum ada surat resmi dari pihak redaksi bahwa saya dalam status cuti.

“Keinginan saya untuk maju nyaleg, ya harus cuti dulu demi Indepedensi, namun semenjak pleno DCT saya tidak lagi melakukan aktifitas wartawan,.” akunnya.

Menurutnya, walaupun tidak tertuang dalam PKPU ataupun perbawaslu terkait wartawan harus mengajukan cuti untuk mencalonkan diri seperti pegawai negri sipil dan TNI -polri namun dirinya lebih memilih cuti dan tidak melaksanakan kegiatan untuk meliput serta fokus pada kondsolidasi untuk merebut kursi parlemen pada pileg 2019.

“Saya akan cuti dan tidak melaksanakan kegiatan untuk meliput serta fokus pada kondsolidasi untuk merebut kursi parlemen pada pileg 2019.” tutur Chiko.

Politisi muda itu menuturkan untuk menjaga netralitas seperti TNI – Polri maupun PNS atau sebagai pekerja lainnya yang dimana kita di gaji menggunakan APBD dan APBN apabila mencalonkan diri ataupun terjun dalam poltik praktis harus sikapi untuk mundur.

“Bukan hanya mundur selaku wartawan namun juga selaku ketua solidaritas wartawan taliabu (SWT) yang sempat kami dirintis pada beberapa waktu lalu bersama lima kerabat saya dari wartawan media online dan media cetak,” cetus Chiko.

Sehingga dirinya berharap, menyambut pesta rakyat pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang insan pers tetap berdiri ditengah – tengah untuk menjaga keseimbangan dalam pemberitaan karena pers hadir sebagai pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Jelang PSU khususnya di wilayah Taliabu Barat (Barat), saya berharap, terutama kepada masyarakat agar bisa bersama – sama mengawal jalannya pencoblosan di tanggal 17 oktober nanti, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan saat prosesnya sampai selesai,” pungkas politisi santun itu.

Editor : YES