Indonesiaberita.com, MANADO – Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara Sulawesi Utara, dikabarkan meletus pada Rabu (3/10) pukul 08.47 WITA.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Soputan di Silian, Asep Saefuloh mengungkapkan letusan tersebut menimbulkan asap tebal yang condong ke arah barat dan barat laut Kabupaten Minahasa Selatan. Kolom asap diperkirakan 3000-4000 meter.

“Sebelum letusan terjadi dentuman terdengar sampai ke Pos Pengamatan Gunung Soputan.  Pascaletusan, kegempaan yang terekam cukup banyak,” ujar Asep.

Pria ini menambahkan, bahwa radius bahaya mencakup area empat kilometer dari puncak dan perluasannya sejauh 6,5 kilometer di daerah sektoral barat daya.

‘Status gunung hingga saat ini masih siaga, sejak ditetapkan pikul 01.00 WITA dini hari,” terangnya.

pihaknya juga sudah menghimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 1,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan, Kabupaten Minahasa Tenggara dan wilayah sektor arah barat daya sejauh 2,5 kilometer yang merupakan daerah bukan kawah.

“Sudah ada imbauan tidak masuk ke daerah berbahaya, kami sudah sampaikan ke pemerintah desa ataupun kecamatan. Hal itu penting untuk menghindari ancaman teteran lava dan awan panas guguran,” papar Asep.

Editor: YE