Indonesiaberita.com, TALAUD – Komando Distrik Militer 1312/Talaud melalui jajaran di bawahnya yakni Babinsa Koramil 1312-01/Kabaruan turut hadir, mendampingi serta melakukan pengawasan keamanan secara langsung dalam setiap pelaksanaan kegiatan di desa-desa, salah satunya turut mengawasi dan mengamankan Sosialisasi Pertemuan Forum Musyawarah tingkat desa kampung KB (Keluarga Berencana) Kabaruan Timur yang dilaksanakan oleh Dinas Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Pemerintah desa setempat, Toda, Toga dan masyarakat yang ada di Desa Kabaruan Timur.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 10 hingga 11 Oktober 2018 tersebut, dilaksanakan di Pasar desa Kabaruan Timur, Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Adapun hasil musyawarah dalam Sosialisasi Pertemuan Forum Musyawarah tingkat desa ini, Desa Kabaruan Timur terpilih sebagai kampung KB (Keluarga Berencana) yang diresmikan oleh Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip (SWM) pada tahun 2017.

Dan untuk menindaklanjuti hasil Musyawarah sebagai kampung yang terpilih sebagai kampung KB, maka dari situlah dilaksanakan loka karya mini tingkat kecamatan desa kampung KB Tahun 2018 dan musyawarah desa. Didalamnya membicarakan struktur kepengurusan Kampung KB antara lain adalah kelompok kerja.

Komandan Distrik Militer 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan melalui Pelaksana harian (Plh) Danramil 1312-01/Kabaruan, Pelda Johan Pukoliwutan mengatakan Peran Babinsa Kabaruan Timur dalam pengamanan pertemuan Forum Musyawarah tingkat desa kampung KB adalah wujud peran aktif anggota TNI Angkatan Darat (AD) dengan masyarakat dalam pembinaan desa.

“Ini merupakan program teritorial untuk Babinsa, khususnya di Kecamatan Kabaruan atas petunjuk dari komando atas dalam hal ini Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan untuk lebih peka melakukan pengawasan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di desa binaan masing-masing,” tukas Pelda Johan Pukoliwutan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas BKKBN Kabupaten Kepulauan Talaud, Kepala Desa Kabaruan Timur Djetro Taarae, Babinsa Koramil 1312-01/Kabaruan Sertu Agus Elungan Tuter dan dihadiri oleh ratusan masyarakat desa Kabaruan.

Editor: MAS