Indonesiaberita.com, TALAUD – Komando Distrik Militer 1312/Talaud dan jajarannya, yakni Koramil 1312-07/Miangas dibantu puluhan warga melaksanakan penggalian saluran air bersih di Desa Miangas Kecamatan Khusus Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud Propinsi Sulawesi Utara, Senin (15/10/2018).

Tujuan kegiatan tersebut yaitu melakukan penggantian pipa yang telah rusak (bocor – red) dan membuat saluran air bersih yang baru untuk disalurkan ke rumah-rumah penduduk yang belum mendapatkan saluran air bersih.

Saluran air bersih ini diambil dari mata air yang ada di Pulau Miangas dan dibuat agar masyarakat yang ada di Pulau Miangas dapat memperoleh air bersih untuk digunakan memasak dan mandi dan untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-harinya.

Penggalian saluran air bersih ini dilakukan mengingat sumur-sumur penduduk yang ada di Pulau Miangas tingkat asam garamnya sangat tinggi.

Komandan Distrik Militer 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan kepada Pewarta Indonesia Berita mengatakan Ketersediaan air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

“Tipologi wilayah Pulau Terluar Miangas menjadi persoalan dalam hal akses ketersediaan air bersih bagi masyarakat. Kualitas air sumur yang ada di tiap keluarga belum cukup baik untuk dikonsumsi sebagai air minum,” ujar Dandim 1312/Talaud

Ia pula mengatakan, bahwa salah satu solusi yaitu mengakses air bersih dari sumber air atau mata air yang ada di pulau tersebut, maka dari itulah TNI bersama masyarakat bergotong royong membangun instalasi saluran air bersih ini dengan harapan dapat meningkatkan kualitas akses air bersih mayarakat.

“Di masa depan, kita perlu mencari solusi inovatif dalam menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang sulit air bersih, termasuk masyarakat di Miangas,” pungkas Eka Setiawan.

Kegiatan yang dimulai Pukul 08.00 Wita tersebut diikuti juga oleh kurang lebih 6 orang Anggota Koramil 1312-07/Miangas, Anggota Pos Angkatan Laut (Posal) Miangas berjumlah 3 orang dan Anggota Pos Angkatan Darat (Posad) Miangas berjumlah 8 orang.

Editor : YES