Indonesiaberita.com, KENDARI – La Ode Muhamad Baharuddin dilantik menjadi Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masa bakti 2017-2022.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat  (DPP) FKSN Arief Natadiningrat Sultan Sepuh XIV di aula gedung Bahteramas, Senin (15/10/2018).

Dari pantauan Indonesia berita, acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, Kapolda  Sultra, Danrem,  serta delegasi 11 Kerajaan se-Sultra dan tokoh adat dan agama.

Saat ditemui, Ketua DPW FSKN Sultra LM Baharuddin mengungkapkan bahwa latar belakang terbentuknya kepengurusan DPW ini melalui proses panjang, diawali dengan pertemuan kecil dan seterusnya dilanjutkan di daerah kemudian hasil itu diusulkan  ke DPP.

“Jadi proses sampai terbentuknya kepengurusan DPW FSKN Sultra ini melalui proses musyawarah mufakat, dimana semua itu telah menjadi traidisi leluhur kita zaman dahulu,” ungkap Baharuddin.

LM Bahruddin yang  merupakan anak dari La Ode Pandu ( Raja Muna ke 35), menambahkan didalam kepengurusan DPW  ini terdiri dari 11 Kerajaan dimana ada 1 Kesultanan dan 10 Kerajaan.

“Harapan kami kedepannya adalah FKSN bisa menjadi mitra pemerintah daerah dalam bidang kebudayaan, sehingga seluruh potensi-potensi kebudayaan itu mampu meningkatkan devisa lokal,” pungkas LM Baharuddin.

Editor: MAS