Indonesiaberita.com, TALIABU – Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara yang mendapatkan penghargaan pada Koordinasi Pemantauan Pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) yang dilaksanakan di Ruang Mitro, Sun Hotel, Rabu 17 Oktober 2018 lalu.

Penghargaan tersebut di berikan Menteri kesehatan RI, Nila Anfasah Moeloek, karena Pulau Taliabu berhasil melampaui target dalam pelaksanaan imunisasi virus MR.

Target yang di berikan nasional adalah 95 persen sedangkan Pulau Taliabu berhasil meraih sebesar 97,22 persen.

Keberhasilan ini diakui oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekda Pulau Taliabu, Dr. Salim Ganiru, bahwa hal itu tidak lepas dari kerjasama semua pihak yang bersama-sama ikut menggalakkan kampanye imunisasi virus MR.

”Pemkab Pulau Taliabu melalui Dinkes mengajak semua pihak untuk terlibat langsung dalam program ini,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pultab, Kuraisia Marsaoly, juga membenarkan tentang upaya tersebut.

“Semua rintangannya sebenarnya sama dengan kabupaten lainnya, karena pasti yang pertama ditanyakan adalah halal atau tidaknya,” kata Kadinkes Pultab. Sabtu (20/10/2018)

Tambahnya, hal ini karena masih banyak masyarakat yang meragukan imunisasi ini

“Dari ragu-ragu inilah tim kami berkolaborasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan alhamdulillah yang sebelumnya menolak akhirnya bisa ikut imunisasi juga,” ujar Kuraisia Marsaoly.

Selain itu, ia dan timnya tidak hanya melakukan sosialisasi namun juga di turun di sekolah-sekolah.

”Kami juga melakukan sosialisasi di sejumah tempat dan melakukan pendekatan melalui hal tersebut karena memang sudah gayanya kalau disana seperti itu, karena untuk melakukan pendekatan tentang masalah ini kepada bapak-bapak agak sensitif,” Ungkap, Kadis Kesehatan, sembari menambahkan, kesuksesan kami turut dibantu oleh media yang menyebarkan informasi terkait imunisasi ini.

Editor : MAS