IndonesiaBerita, JAKARTA – Gol semata wayang Witan Sulaiman antar Timnas Indonesia U19 lolos ke babak 8 besar Piala AFC 2018.

Kemenangan 1-0 Indonesia U19 atas Uni Emirat Arab (UEA) terjadi pada pertandingan terakhir grup A yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (24/10/2018).

Membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak berikutnya tim asuhan Indra Sjafri tampil menekan pertahanan UEA U19.

Nyaris saja pasukan Garuda Nusantara  mencetak gol pada menit ke 12 namun tandukan Hanis Saghara yang memanfaatkan umpan silang Firza masih melambung di atas mistar gawang.

Selang empat menit kembali Timnas Indonesia U19 mendapat peluang namun sayang sekali umpan silang Saddil gagal disontek Egy Maulana Vikri yang tidak terkawal.

Sekali lagi Egy mendapat peluang pada menir 20 namun tembakannya masih dapat diamankan kiper UEA, Suhail.

Pada menit 23 akhirnya Witan mampu merobek gawang Suhail memanfaatkan kesalahan lawan dan dari tengah lapangan Witan menggiring bola serta mampu mengelabui Suhail.

Tim asuhan Ludovic Batelli, memperoleh peluang menyamakan kedudulan pada menit 31 namun tendangan bebas Ali Saleh, tetapi tembakan ke tiang jauh berhasil diamankan oleh Riyandi.

Nyaris saja Witan kembali mencetak gol, pada menit 36, berawal dari kerjasama satu dua dengan Egy namun tendangan volinya di dalam kotak penalti masih melambung tinggi.

Skor 1-0 tidak berubah sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berkahirnya babak pertama.

Diawal babak kedua tepatnya menit ke 48 Timnas UEA 19 mendapatkan peluang lewat tandukan M Rasid yang memanfaatkan sepak pojok tetapi bisa diamankan dengan sempurna olen Riyandi.

Pasukan Garuda Nusantara harus bermain dengan sepukuh pemain setelah Nurhidayat harus diusir keluar dari lapangan usai menerima kartu kuning kedua dimenit 55.

Pada pertengahan babak kedua terjadi banyak benturan-benturan antar pemain sehingga membuat wasit menghentikan pertandingan.

Menit 90 Timnas Indonesia U 19 mempunyai peluang melalui tendangan Luthfi Kamal namun tendangannya tepat dipelukkan Suhail.

Terlalu banyaknya waktu terhenti akibat benturan antar pemain membuat wasitl memberikan waktu rmtambahan selama 7 menit

Di menit-menit akhir tepatnya menit 90+6 Garuda Nusantara mempunyai peluang dari aksi Todd gagal dihentikan dan umpan cutback membuat Abimanyu mendapatkan kesempatan emas. Beruntung tembakannya masih mampu ditepis Suhail A.

Akhirnya wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua dan skor pun tidak berubah tetap 1-0 untuk Timnas Indonesia U19.

Penulis : Fitra

Editor : MAS