IndonesiaBerita, TERNATE – Akhirnya Kantor Balai Bahasa Maluku Utara, mengumumkan sembilan kategori pemenang kebahasaan tahun 2018 yang  dilaksanakan di Grand Dafam Bella Internasional Hotel, Kamis (25/10/2018).

Kesembilan pemenang tersebut berasal dari instansi pemerintah maupun swasta termasuk media cetak Surat Kabar Harian (SKH) Suara Kie Raha.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Malut Syarifuddin M menuturkan, tahun 2018 ini sebanyak 9 katerori yang berhak menerima penghargaan.

“Dari sembilan kategori itu termasuk salah satunya media cetak di Maluku Utara yakni SKH Suara Kie Raha, dan penerima penghargaan ini dari tahun 2018 tentunya meningkat, jika dibandingkan tahun 2017. Sebab tahun ini masuk 9 kategori baik itu pemerintah maupun swasta.” tuturnya.

Penilaian pemenang ini lanjut Syarifuddin adalah indikator salah penilaian pengunaan bahasa dan ini penilaian tidak hanya 1 orang namun banyak orang dari berbagai sisi.

“Kami berharap, para pemenang dari 9 kategori ini termotivasi dan terus berpacu serta tingkatkan kebahasaaan dan kesastraan sehingga minat kedepan bisa terwujud,” lanjunya..

Sementara Ketua Panitia Kegiatan Mujahid Taha, menjelaskan, sasaran penilaian kebahasaan ditunjuk kepada masyarakat luas dengan keluar 9 kategori,  yang memiliki kebahasaan/kesastraan serta pengguna bahasa indonesia dengan baik dan benar.

“Manfaat kegiatan/penghargaan dan kesastraan tahun 2018 adalah peserta dapat termotifasi dalam pengembangan minat serta bakatnya dalam dunia kebahasaan maupun kesastraan.” Imbuh Mujahid.

Secara terpisah Pimpinan Redaksi Adam Hi Hanafi melalui Kordinator Liputan (Korlip) SKH Suara Kie Raha Iswan Saleh menyampaikan banyak terimaksih kepada balai bahasa Provinsi Maluku Utara.

“Penilaian selama kurang lebih beberapa bulan ini SKH Suara Kieraha keluar dan berhak sebagai pemenang Kebahasaan dan kesastraan dari sembilan ketegori pemenang, Saya sangat terkejut dengan adanya Penghargaan dari balai bahasa, sebab ini merupakan kali pertama yang di terima oleh SKH Suara Kieraha,.” tutur Isro sapaan akrab Iswan.

Ia mengakui, belum mengetahui jelas penilain apa yang menjadi indikator utama. Sebab tiba-tiba ada undangan di redaksi bahwa SKH Suara Kieraha keluar sebagai pemenang kebahasaan dan kesastraan di tahun 2018.

“Penghargaan ini merupakan motivasi kami untuk lebih meningkatkan kerja serta memberitakan berita-berita yang positif demi kepentingan masyarakat Maluku Utara.” imbuh Isro.

Sekedar diketahui, pemberian Penghargaan dari 9 kategori ini disaksikan Gubernur Maluku Utara yang diwakili oleh Bapak Salmin Janidi, Kepala Balai, Dekan Fakultas Sastra Unkhair Serta seluruh peserta kegiatan bulan bahasa tahun 2018.

Editor : MAS