IndonesiaBerita, TALAUD – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (Youth Pledge Day) ke-90, Kodim 1312/Talaud melalui jajaran Koramil 1312-02/Lirung bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kepulauan Talaud bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Kecamatan Moronge melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Pengobatan Mata Gratis dan Operasi Mata Katarak Gratis oleh Tim Dokter Mata dari Balai Kesehatan Masyarakat (BKM) Propinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni pada Kamis dan Jumat, 25 – 26 Oktober 2018, dipusatkan di Desa Moronge Selatan II, Kecamatan Moronge dan Gedung Kantor Sinode GERMITA Kecamatan Lirung.

Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan wujud kepedulian dari Dinas Kesehatan (Puskesmas Kecamatan Moronge) yang di sponsori oleh KNPI Kabupaten Kepulauan Talaud yang telah berusaha keras untuk mendatangkan Tenaga Medis spesialis mata dari BKM Provinsi Sulut.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam mengatasi, mengurangi pengeluhan masyarakat yang menderita penyakit mata dan menderita mata katarak yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud khususnya di wilayah Kecamatan Moronge dan sekitarnya,” ucap PLH Danramil 1312-02/Lirung, Serka Will Briner Bee, Junat (26/10/2018) kemarin.

Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan menuturkan, Keterlibatan Koramil 1312-02/Lirung merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan karena hal ini merupakan salah satu tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh aparat Teritorial yang ada di wilayah Koramil 1312-02/Lirung.

“Sudah menjadi tanggung jawab aparat Teritorial (Koramil 1312-02/Lirung, red) untuk menjaga, mengamankan dan mensukseskan kegiatan Baksos yang dilaksanakan di wilayah Teritorial Koramil 1312-02/Lirung,” tutur Dandim.

Logistik obat-obat untuk acar Baksos. Photo : WB

Adapun yang hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Ketua Panitia Pelaksana Baksos Patris Matoneng, Sekretaris Hariadi Rantealo, Ketua KNPI Talaud Suyanto Matoneng, Kapuskes Moronge Katrina Bulele, Babinsa Koramil 1312-02/Lirung, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tim Dokter Mata dari BKM Provinsi Sulut.

Diketahui jumlah pasien yang mengikuti Baksos ini berjumlah 356 Orang, yang terdiri dari 165 Pasien penderita mata minus, 24 Pasien yang mendapatkan obat gratis, 21 Pasien yang akan dioperasi Katarak dan 146 Pasien yang belum diperiksa.

Sampai hari ini, Jumat, 26 Oktober 2018, Jumlah pasien yang diperiksa berjumlah 208 orang, yang merupakan sisa pasien pada Baksos Kamis 25 Oktober 2018 kemarin yaitu 146 orang dan ditambah pasien yang baru mendaftar berjumlah 62 orang.

Editor : YES