IndonesiaBerita, TALIABU – Pemerintah Kabupaten Pemkab Pulau Taliabu (Pemkab Pultab) menghadiri perayaan Kegiatan Nasional yang bertajuk Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKNRM) yang dihelat di Kota Manado, Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) tertanggal 26-28 Oktober 2018.

Kegiatan yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dihadiri sekitar 15.000 peserta yang berasal dari Kemenko PMK dan kementerian terkait, 34 Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, BUMN dan BUMD, Akademisi, dan Gugus Tugas Revolusi.

Sekedar informasi, kegiatan PKNRM merupakan ajang nasional yang bertujuan menunjukkan kepada masyarakat mengenai aksi nyata pemerintah dalam mengimplementasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Puan Maharani, mengatakan, Pemerintah sendiri telah berupaya mempraktikkan Revolusi Mental, contohnya melalui peningkatan pelayanan publik, yang mana hal tersebut patut di tingkatkan oleh seluruh Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia

“Tentunya diharapkan lebih tepat waktu, biayanya jelas, tanpa pungli, serta membuat nyaman bagi masyarakat,” kata Puan Maharani dalam memberikan sambutan pembukaan, Jumat 26 Oktober 2018 kemarin.

Lebih lanjut, Puan Maharani, menganjurkan setiap kementerian dan lembaga senantiasa berbenah untuk mengimplementasikan revolusi mental.

“Misalnya saja, di Kemenkopolhukam sekarang ada tim saber antipungli, ada juga tim anti hoaks. Di Kemenko Kemaritiman ada program revitalisasi sungai Citarum, tentunya hal ini harus terimplementasi dengan secara baik tanpa melahirkan stagnasi anatara pemerintah dengan masyarakat, yang secara nyata di lanjutkan oleh pemerintah di seluruh indonesia” terang cucu proklamator itu.

Suasana kegiatan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKNRM) yang dihelat di Kota Manado. Photo : Ist

Secara terpisah, Assisten I Setda Pultab Hi Syamsudin Ode Maniwi menyampaikan apresiasi pada kegiatan nasional PKNRM yang diselengarakan di Kota Manado.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan dimana kita dapat mengevaluasi kinerja pemerintah sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Syamsudin Ode Maniwi melalui sambungan telepon kepada Indonesia Berita, Sabtu (27/10/2018).

Menurut Syamsudin, kegiatan yang diselengarakan setiap tahunya ini tentu mampu memberikan pengalaman dan pemahaman melalui program-program revolusi mental.

“Banyak dampak positif yang dapat kita pelajari yaitu wujud aksi nyata pemerintah dalam mengimplementasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental,” beber Kaban Kesbangpol Pultab itu.

Selain itu dirinya menilai kesuksesan Pemprov Sulut dalam menyelengarakan kegiatan yang bertaraf nasional dengan memberikan pelayanan yang terbaik

“Tentunya ini berkat kerja sama antara Pemda dan masyarakat sehingga kegiatan PKNRNM ini dapat berjalan sukses.” aku Syamsudin.

Dirinya berharap banyak hal yang bisa dipetik dari kegiatan ini yakni meningkatkan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatat.

“Pemerintah Daerah harus mampu membangun hubungan yang baik antara Pemerintah dan masyarakat melalui memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat sesuai dengan implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental,” harap Syamsudin sambil mengakhiri percakapan.

Berikut daftar kegiatan yang dihadiri Pemkab Pultab dengan SKPD terkait, diantaranya :
1. Gerakan Indonesia Melayani (Asisten II H.lahudia Usman)
2. Gerarakan Indonesia Bersih (Julkifli lajupa)
3. Gerakan Indonesia Bersatu ( Kaban Kesbangpol H.Symsudin Ode Maniwi S.Ip,MM.Pd)
4. Gerakan indonesia tertib ( Kasatpol PP Haruna Masuku )
5. Gerakan indonesia mandiri (Kadis Perikanan, M.Abrar Silia).

Editor : YES