Indonesiaberita.com, JAKARTA – Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN LMND) kembali menyerukan aksi serentak di sejumlah daerah di Indonesia pada tanggal 29 Oktober 2018 nanti.

Sekretaris Jenderal LMND Muhammad Asrul mengungkapkan, aksi serentak kali ini merupakan peringatan 90 tahun sumpah pemuda. Hanya saja kali ini pihaknya mendapat energi baru dan cakupannya lebih luas dari aksi 25 Oktober lalu yakni akan digelar di 30 kabupaten/kota.

“Momentum 90 tahun sumpah pemuda coba kita jadikan pemecut semangat gerakan mahasiswa dan gerakan kerakyatan. Dan kami (LMND, red) mau memulai itu, mengajak semua pihak untuk kembali ke semangat dan cita-cita sumpah pemuda yang sesungguhnya,” tutur Asrul di Jakarta, Minggu (28/10).

Sementara itu terkait tuntutan, Ketua Umum LMND Indah Abd.Razak menjelaskan, bahwa pihaknya akan tetap konsisten dengan tuntutan mereka sebelumnya. Menurutnya, harus ada konsistensi isu yang disuarakan melalui gerakan mahasiswa dan gerakan rakyat. Aspirasi ini pun masih tetap ditujukan kepada para capres-cawapres dan caleg yang akan berkontestasi pada pemilu 2019.

“Tuntutannya masih sama dengan yang lalu, yakni ganti haluan ekonomi dari ekonomi liberal menjadi ekonomi yang berlandaskan pada Pasal 33 UUD 1945, Wujudkan pendidikan gratis, ilmiah dan Demokratis, Pendidikan yang memanusiakan manusia serta dapat diakses oleh seluruh rakyat Indonesia,” terang Indah.

Selain itu, Indah menambahkan pihaknya juga menyerukan kepada seluruh gerakan rakyat dan mahasiswa untuk menguatkan persatuan Nasional anti Imperialisme sebagai kekuatan sejati rakyat Indonesia.

“Kami tetap tujukan aspirasi ini kepada para capres-cawapres dan caleg yang akan berkontestasi pada pemilu 2019 nanti,” pungkasnya.

Penulis: Fitrah

Editor: MAS