Menjadi Referensi Mendunia

KPK Segera Umumkan Status Hukum Wakil Ketua DPR RI

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Berkaitan dengan status hukum Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan, Komisi Pemberatasan Korupsi masih menunda pengumumannya. Pasalnya KPK menghormati negara masih dalam suasana duka, dengan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah Senin malam di Jakarta (29/10), karena masih dalam suasana belasungkawa, “Saya kira perlu kita hormati banyak sekali korban-korban yang berasal dari instansi pemerintah ataupun dari masyarakat yang ikut dalam penerbangan tadi pagi, jadi kami pikir akan lebih baik jika konferensi pers akan dilakukan besok, Selasa (30/10).

KPK juga sudah meminta Ditjen Imigrasi Kemkumham untuk melarang Taufik berpergian ke luar negeri. Permintaan itu disampaikan KPK melalui surat kepada Ditjen Imigrasi pada Jumat (26/10). Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menjelaskan, pencegahan ke luar negeri dapat dilakukan KPK terhadap seorang saksi atau tersangka.

Sebelumnya, Taufik Kurniawan dimintai keterangan KPK terkait mekanisme pembahasan penganggaran di DPR, Rabu (5/9). Taufik mengaku dimintai keterangan dalam proses penyelidikan yang disedang dilakukan KPK.

Dia mengaku telah memberikan penjelasan secara menyeluruh tentang mekanisme pembahasan APBN di DPR. Namun Taufik enggan menjelaskan lebih lanjut dalam kasus apa dirinya dimintai keterangan oleh KPK

“Seluruh umum dari mekanisme pembahasan APBN secara umum secara tatib. Semua yang saya ketahui sudah saya sampaikan ke penyidik,” ujar politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Taufik mengapresiasi proses yang dilakukan KPK soal dirinya yang dimintai keterangan tersebut, “Saya kan Wakil Ketua DPR RI bidang ekonomi keuangan, saya apresiasi prosesnya sangat ramah semua terkait mekanisme penganggaran di DPR sudah saya sampaikan semua.” tandas wakil rakyat itu.

Penulis : Fitrah

Editor : MAS

Komentar
Loading...