IndonesiaBerita, PEKANBARU – Sebagai Perguruan Tinggi dengan menggunakan nama Islam, Universitas Islam Riau (UIR) tidak hanya mengandalkan mutu keilmuan, para Mahasiswa di kampus yang terletak di Perhentian Marpoyan Pekanbaru ini, juga dibekali dengan ilmu keislaman, salah satunya adalah mendalami ilmu Alqur’an.

Seperti yang dilakukan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada Rabu (31/10/2018), dengan mengadakan kegiatan Khatam Alqur’an, bagi 368 Mahaiswa/mahasiswi Program Studi Pendidikan Matematika.

Sebelum mengadakan kegiatan Khatam Alquran di dalam Masjid Almunawaroh UIR, ke-368 peserta khatam sempat diarak keliling  kampus oleh ratusan mahasiswa dengan iringan rebana dan kompang. Serta asesories lainnya dengan pria memakai baju putih dan celana hitam sedangkan wanita memakai baju busana muslim warna putih dan jilbab abu abu.

Arak-arakan para peserta yang juga di ikuti oleh Dekan FKIP UIR, Presiden Mahasiswa UIR dan Ketua Program Studi Matematika dan Para Dosen Pendidikan Matematika.

Bupati HIMATIKA UIR menyampaikan bahwa acara Khatam Al-qur’an ini selain agar mahasiswa/mahasiswi dapat membaca Al-quran dengan baik dan benar juga untuk mendoakan saudara kita yang terkena musibah di Lombok, Donggala, Palu serta jatuhnya pesawat Lion Air JT610.

Menurut Ketua Program Studi Matematika Leo Adhar Effendi mahasiswa UIR harus bisa membaca Alqur’an.

“Mahasiswa UIR harus bisa membaca Al-qur’an, tujuan di adakannya Khatam Al-quran di Prodi Matematika adalah agar seluruh mahasiswa/I dapat membaca Al-quran dengan baik dan benar, guna untuk syarat menyelesaikan studi (Mendaftar Skripsi) di Lembaga Dakwah Islam Kampus (LDIK)” ungkap Leo Adhar.

Hal senada juga dikatakan Dekan FKIP Drs H Alzaber.dengan diadakan Khatam Al-qur’an di Prodi Matematika juga diharapkan bisa menjadi motivasi bagi Mahasiswa lain.

“Dengan diadakannya Khatam Al-qur’an di Prodi Matematika juga diharapkan bisa menjadi motivasi bagi Mahasiswa lain, untuk bisa terus mendalami ilmu Alquran sebagai kitab suci umat Islam.” tutur Dekan FKIP Drs H Alzaber.

Beliau juga menambahkan selain untuk persyaratan menyelesaikan studi dengan melakukan tes di LDIK.

“Khatam Al-quran ini juga diharapkan dapat memperbaiki atau membenarkan bacaan Al-qur’an mahasiswa/i Pendidikan Matematika FKIP UIR dan meningkatkan kecintaan kita terhadap Al-qur’an.” tambahnya.

Akhir dari acara khatam Al-Qur’an yang di laksanakan oleh pendidikan matematika ditutup dengan doa khatam dan pemotongan tumpeng.

Editor : YES