IndonesiaBerita.com, TERNATE – Seluruh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia Se-kota Ternate mengikuti workshop peningkatan mutu guru melalui penyusunan Rencana Rancangan Pembelajaran (RPP) dan Pendidikan Karakter di Abad 21 yang berlangsung Aula Kantor Dinas Pendidikan, Kota Ternate.

Ketua MGMP Bahasa Inggris, Manton  La Usma mengatakan kegiatan ini bertujuan menyamakan satu presepsi terutama pembelajaran di abad ke 21 yang menekankan kepada siswa yang punya kecerdasan dan juga punya sikap yang baik.

“Jadi perpaduan antara kecerdasan dengan karakter,” tutur Manton, Jumat (02/11).

Lanjut Manton, kegiatan ini menghadirkan pemateri nasional kurikulum 2013, Aridiya Niken Haryanti sebagai narasumber.

“Ini adalah trend yang terbaru, karena dunia pendidikan harus sesuai dengan kebutuhan jaman,” ujar Manton.

Pria inu berharap, usai kegiatan ini peserta dapat menerapkan pengetahuan yang diperolehnya di sekolah masing-masing.

Secara terpisah, Endang Y. Hermanto  Pengawas pembina mata pelajaran Bahasa inggris mengatakan kegiatan ini dlmenjadi ajang peningkatan kapasitas guru-guru bahasa inggris dan bahasa indonesia se-kota Ternate dalam penyusunan RPP abad 21 dan penilaian kriteria.

“Tujuannya adalah guru bisa terampil dalam menyusun RPP terutama RPP yang terintegrasi dengan penguatan pendidikan karakter literasi pembalajaran abad 21,” ungkap Endang.

Bagi Endang, materi paling penting adalah penilaian karakter yang dilakukan pada kurikulum 2013 yang kita boyong dalam pola pikir anak bukan hanya pada c1 atau c2 tetapi sampai pada c6 maksimum.

“Jadi anak di harapkan berpikir kritis.” tuturnya.

Editor : YES