Menjadi Referensi Mendunia

Siang Ini Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Enam Tokoh

Indonesiaberita.com, JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, Presiden Joko Widodo rencananya memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh.

“Alhamdulillah, Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan enam calon Pahlawan Nasional yang akan diberi gepar oleh beliau besok,” demikian disampaikan Agus Gumiwang di Surabaya, Rabu (7/11).

Menurut Agus Gumiwang, penetapn calon pahlawan nasional tahun ini merupakan jumlah terbanya yang pernah ditetapkan pemerintah selama beberapa tahun terakhir.

“Biasanya, tahun lalu hanya empat orang saja. Tahun sebelumnya kurang dari empat orang. Tapi Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan enam calon,” katanya.

Pada kesempatan itu, Agus Gumiwang tidak menyebutkan nama para tokoh tersebut. Namun, ia menerangkan enam tokoh itu berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Banjarmasin, Bangka Belitung, Banten dan Sulawesi Barat.

Testimoni HUT IBcom

Upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional akan diadakan di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (8/11) pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan sastrawan sutradara film Indonesia Usmar Ismail diusulkan sebagai pahlawan nasional.

Pengajuan nama bakal calon pahlawan nasional berawal dari masyarakat kepada Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pahlawan (TP2GP) untuk dikaji. Setalah itu, beberapa nama akan diserahkan kepada Menteri Sosial selaku Ketua TP2GP.

Mensos kemudian menyerahkan nama-nama tersebut kepada Dewan Gelar, lalu diserahkan kepada Presiden selaku yamg berhak memilih nama-nama yang bakal ditetapkan sebagai pahlawan

Penulis: Jerry
Editor: MAS
Komentar
Loading...