Indonesiaberita.com, TALAUD – Dalam rangka memberikan makna kebersamaan dan mempersatukan semangat soliditas seluruh stakeholder kesehatan dan masyarakat dalam momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018, dengan Tema “Aku Cinta Sehat” dan dengan Sub Tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Seluruh Jajaran Pemerintah Daerah, Forkopimda, dan Keluarga Besar Dinas Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Talaud melaksanakan Apel bersama dilanjutkan dengan Jalan Sehat Bersama, pada Jumat (16/11/2018) pagi.

Saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Plt Asisten II Pemdakab Talaud Nelmar Tumbal mengatakan, Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November dalam satu rangkaian kegiatan baik di tingkat Pusat maupun Daerah.

“Tema yang diangkat adalah, Aku Cinta Sehat. Dengan sub tema, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita!,” ucap Tumbal.

Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat, melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen Bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengkonsumsi beragam sayur dan buah Nusantara.

“Makanan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” himbau Tunbal.

Ia mengatakan pula, bahwa masyarakat yang sehat merupakan modal ketanduhan suatu Bangsa.

“Keterlibatan seluruh komponen bangsa mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah.” kata Tumbal lagi.

Saya mengharapkan kegiatan ini, dapat kita manfaatkan untuk mensosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan, guna mendapatkan dukungun sumber daya dari seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberkati upaya kita dalam mewujudkan Bangsa yang sehat sejahtera,”tutup Tumbal, sambil mengatakan “Terimalah Salam Sehat, Sehat Indonesia!”, dengan suara lantang.

Caption foto: Jajaran Pemerintah Daerah, Forkopimda dan Keluarga Besar Dinkes Talaud saat ‘Jalan Sehat Bersama’, Jumat (16/11/2018). Photo : MT/Indonesia Berita

Usai kegiatan, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Komisi Akreditas, untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang diterima langsung oleh tiap-tiap perwakilan yakni Puskesmas Kecamatan Rainis, Puskesmas Kecamatan Salibabu, dan Puskesmas Kecamatan Mangaran.

Tak hanya itu saja, pada kesempatan tersebut dilaksanakan Pelepasan Nusantara Sehat untuk mengakhiri Masa Bakti di Kabupaten Kepulauan Talaud, diantaranya tim Nusantara Sehat dari Puskesmas Moronge, Puskesmas Sambuara dan Puskesmas Tule.

Dan untuk mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, ditutup dengan tarian Zumba massal di Halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Kepulauan Talaud yang diikuti oleh seluruh peserta.

Dari pantauan Pewarta Indonesia Berita, Kegiatan yang di mulai Pukul 06.00 – 08.30 Wita ini, di mulai (start) dari Halaman Kantor Bupati Kepulauan Talaud dan berakhir (finish) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kepulauan Talaud, di ikuti oleh seluruh stakeholder, diantaranya Pelaksana tugas (Plt) Asisten II Pemdakab Talaud Nelmar Tumbal, Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr. Jawali J. Ektivianus, Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba, Dandim 1312/Talaud yang diwakili oleh Kasdim 1312/Talaud Mayor Inf Sigfried W. Panaha, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Prasetya Sejati, Kajari Kepulauan Talaud Sutikno, para Perwira Staf dan Anggota Kodim 1312/Talaud, Perwira Staf dan Anggota Lanal Melonguane, Ibu-ibu Jalasenastri dan perwakilan peserta dari tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Editor : YES