Indonesiaberita.com, TALAUD – Tugas dan tanggung jawab Pemerintah Desa (Pemdes) antara lain adalah membina kehidupan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Setiap permasalahan yang terjadi di Desa adalah tanggung jawab Pemerintah Desa dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) serta Babinkamtibmas sebagai mitra kerja di lapangan.

Tiga pilar pimpinan Desa harus selalu memonitor setiap perkembangan yang terjadi diwilayahnya sehingga apabila terjadi permasalahan, akan lebih cepat dicari jalan keluar sehingga tidak berujung pada konflik sosial.

Usai melaksanakan Upacara bendera di Makodim 1312/Talaud, Senin (19/11/2018), Babinsa Desa Niampak Kecamatan Beo Selatan, Sertu Yus Lobbu menuju Desa binaan yakni ke rumah Kepala Desa Niampak Utara, Jelisa Maradesa.

Adapun maksud dan tujuan Babinsa berkunjung ke rumah kepala Desa adalah untuk memberikan solusi atas keluhan warga Desa Niampak Utara, khususnya dusun III yang belakangan ini mengalami kesulitan mendapatkan asupan air bersih.

“Solusi yang harus kita lakukan adalah, Memperbaiki dan mengganti pipa yang pecah, membagi waktu untuk mengalirkan air, menertibkan warga yang salah menggunakan air bersih terutama pada penggunaan air di kolam ikan dan kandang ternak,” tutur Danramil 1312-03/Beo, Lettu Inf Wofsi Mitusala, melalui Babinsa Sertu Yus Lobbu.

Tak hanya itu saja, bersama Kepala Desa Niampak Utara, Jelisa Maradesa dan Kepala Seksi Pemerintah Desa Niampak Leksi Ragam, Babinsa Sertu Yus Lobbu mengatakan, agar dapat membuat perencanaan pembangunan bak air yang besar untuk mencukupi kebutuhan air bersih kepada masyarakat yang ada di Desa Niampak.

“Langkah selanjutnya adalah, Membuat rencana pembangunan bak air yang besar pada tahun depan agar mencukupi kebutuhan masyarakat akan air bersih,” tambahnya.

Atas tindakan yang diambil Babinsa tersebut, Kepala Desa Niampak Utara, Jelisa Maradesa sangat berterimakasih atas kepedulian Babinsa atas setiap permasalahan yang terjadi di wilayah binaan.

“Kepala Desa dan Pemerintah Desa akan melaksanakan semua masukan dari Babinsa, karena semua itu adalah jalan keluar yang terbaik untuk mencegah kesenjangan sosial yang akan berpotensi pada konflik sosial di tengah-tengah masyarakat,” ucap Maradesa.

Komandan Distrik Militer 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, sangat mengapresiasi langkah dan tindakan yang diambil oleh prajuritnya itu.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga dengan Babinsa yang terlibat aktif dalam mengatasi permasalahan warga di lapangan. Kiranya ini menjadi contoh bagi Desa binaan lainnya,” ujar Dandim.

Editor : YES