Indonesiaberita.com, TERNATE –Lembaga pengabdi pada masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate fokus tahun 2019-2020 bisa menarget jurnal nasional dan internasional yang teragreditasi indeks, ini laksanakan dalam rangka peningkatan mutu dan pengembangan kampus.

Ketua LP2M, Usman Ilyas mengatakan ada beberapa penelitian yang dilakukan oleh dosen IAIN Ternate, lebih dari 20 penelitian judul peneltian yang dianggarakan oleh lembaga.

“Penelitian yang dilakukan berupa pembinaan dari dosen yang baru masuk maupun dosen senior, diantaranya penelitian pengembangan prodi dan pembinaan akademik juga penelitian tentang pengembangan kerja sama antar perguruan tinggi  dan interdispliner yang berupa ekspansi judul ke sosial masyarakat.” papar Usman Ilyas Jumat (30/11/2018).

Lanjut Usman, penelitian dosen, pembinaan peneliti pemula, LP2M membuat penelitian bersifat program studi dalam rangka mengembangkan potensi peneliti dan juga pangkat golongan jadi golongan dosen.

“Peneliti akan dibagi dalam 3 klaster, pembinaan, pengembangan, dan lanjutan baik internal perguruan tinggi atau interdisipliner pengetahuan dosen bisa melakukan penelitian yang bersifat umum yang penting berkaitan dengan perguruan tinggi.” ujar Dosen FTIK Itu.

Masih kata Usman menjabarkan, penelitian ini adalah kajian-kajian yang sifatnya teoritis atau teknis yang dapat disumbangkan pada dunia perguruan tinggi dan dunia ilmu pengetahuan terkhusus masyarakat penggunan hasil- hasil riset.

“Jadi setelah penelitian itu di lakukan penulisan kemudian akan di bukukan dan dapat disumbngakn ke perpustakaan dan insya allah masyarakat dapat mengakses serta penelitian ini juga dipublikasikan lewat online, jadi hasil penelitian sudah masuk dalam OCS, bisa berhubungan dengan website IAIN Ternate untuk mengetahui hasil riset.” cetusnya.

Lebih lanjut pria kelahiran Tahane itu mengatakan, Selain dalam bentuk buku hasil penelitian juga dibuatkan dalam bentuk jurnal.

“Seluruh dosen peneliti berkewajiban dan ini sangat ketat yang lewat ketentuan aturan dan akan dikirim kejurnal-jurnal terakreditasi nasional maupun internasional sebab manfaatnya sangat besar dalam rangka akreditasi program studi kemudian jurusan dan kelembangaan IAIN Ternate.” papar Usman.

Direktur LP2M ini menghimbau, melalui LP2M mewajibkan kepada peneliti yang bergelar doctor agar mampu membuat hasil penelitian yang bisa diakses yang terdaftar dijurnal terindeks nasional ataupun internasional  karena bisa mengusulkan mereka bergelar professor.

“Tahun 2019-2020 LP2M menargetkan bisa lolos 10 jurnal internasional dan 20 yang terakredetasi, kementerian agama dengan aturan yang ketat dan mewajibkan seluruh dosen harus guru besar membuat jurnal internasional yang terindeks skofus maupun tomson.” jelas Usman.

Sementara untuk penulisan penelitian ada bentuk buku ilmiah, tahun ini tersediah lima judul buku sekarang masuk dalam pengandaan buku dan akan didistribusikan ke perpustakaan yang tersebar di Malut.

“Harapnya masyarakat bisa memberikan dukungan penuh dalam setiap penelitian, baik pastisipatif toeritik maupun sosial lapangan serta dunia akademik. Selain itu semua wajib mengakses hasil penelitian dapat di baca, dan masyarakat agar dapat mengkasses hasil penelitian untuk diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat..” imbuh Usman.

Editor : YES